Wednesday, 18 October 2017 15:18:23

15 Cara Ampuh Membasmi Kutu Pada Kucing (Cepat & Alami)!!!

15 tips (cara) menghilangkan kutu pada kucing dengan mudah & alami - Kutu pada kucing bisa menjadi masalah yang serius apabila tidak segera mendapatkan penanganan. Kutu yang dibiarkan berkembang-biak akan membuat kucing merasa gatal, kemudian menggaruk dan pada beberapa kasus, kucing bahkan menggigit tubuhnya sendiri. Jika hal ini berlangsung dalam waktu yang lama, maka kulit kucing akan lecet dan bisa timbul alergi serta infeksi sekunder.

Gambar Kucing Sedang Menggaruk Kepala

Cara Mudah Membasmi Kutu dan Telur Kutu pada Kucing

Untuk bisa mengatasi kutu ataupun telur kutu ada beberapa langkah yang bisa Anda gunakan, agar kucing di rumah terbebas dari kutu. Berikut ini cara ampuh membasmi kutu dan telur kutu pada kucing.

Gunakan Minyak Telon

Minyak telon bisa menjadi senjata Anda yang pertama untuk membasmi kutu pada kucing. Cara praktis yang bisa Anda aplikasikan adalah dengan mengoleskan minyak telon pada bagian kulit kucing yang menjadi sarang kutu. Oleskan secukupnya dan jangan terlalu banyak, agar tidak sampai masuk ke tubuh kucing saat mereka menjilat tubuhnya. Biasanya area yang sering menjadi sasaran kutu adalah area ketiak kucing.

Menyisir Bulu Kucing

Kutu kucing bisa diusir dengan mudah saat kita menyisir kucing sehabis mandi. Gunakan sisir bulu yang cocok dengan bulu kucing, kemudian sisirlah secara menyeluruh dan merata hingga kutu bersih dari kulit kucing. Kegiatan menyisir kucing yang dilakukan secara rutin juga mencegah kutu hinggap kembali ke tubuh kucing.

Bersihkan Lingkungan Rumah dan Kandang

Area bermain kucing adalah tempat dimana kucing banyak melakukan aktivitas. Oleh karena itu penting untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan kandang kucing dan rumah kita. Rumah dan kandang yang kotor, menjadi tempat favorit bagi kutu untuk berkembang biak, sebaliknya rumah yang bersih dan terjaga higienitasnya, akan lebih bebas dari kutu.

Foto Kutu pada Kucing

Foto Kutu pada Kucing

Cara Membasmi Kutu dan Telur Kutu pada Kucing Secara Alami

Selain beberapa tips membasmi kutu kucing yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan alami guna membersihkan kucing dari gangguan kutu yang menjengkelkan. Penasara? Berikut ini beberapa cara membasmi kutu kucing secara alami yang bisa Anda coba.

Basmi Kutu pada Kucing dengan Air Cuka

Kutu sangat tidak menyukai aroma yang berbau cuka, oleh karena itu Anda bisa memanfaatkan bahan ini untuk membasmi kutu dengan lebih ampuh. Caranya dengan mencampurkan air dan cuka dengan perbandingan 50:50, kemudian panaskan dengan api sedang. Setelah itu, masukkan kedalam botol semprot dan semprotkan ke bagian tubuh kucing yang terdapat kutu. Usahakan saat melakukan penyemprotan tidak mengenai bagian mata dan masuk ke telingan kucing.

Menggunakan Air Lemon

Selain cuka, Anda bisa memanfaatkan lemon sebagai bahan untuk membasmi kutu yang membandel pada kucing. Kandungan asam sitrat yang terdapat di dalam lemon tidak disukai oleh kutu. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu merebus lemon yang sudah dipotong sebelumnya di dalam air panas. Setelah mendidih, biarkan air rebusan tersebut semalaman, kemudian disaring. Masukkan air yang telah disaring tersebut ke dalam botol semprot. Pastikan untuk tidak mengenai mata kucing saat menyemprotkannya.

Mengatasi Kutu Kucing dengan Cuka Apel

Aroma cuka apel juga menjadi salah satu aroma yang dibenci kutu kucing. Anda bisa membuat ramuan cuka apel dengan air dengan perbandingan 2:1 dan memasukkannya ke dalam botol semprot untuk mengatasi kutu.

Garam Sebagai Obat Kutu Alami pada Kucing

Garam merupakan bahan dapur yang banyak digunakan oleh rumah tangga. Selain mudah ditemukan, garam bisa menjadi obat yang ampuh dalam mengatasi kutu kucing, khususnya larva dan telur kutu kucing. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menambahkan beberapa sendok garam ke dalam air hangat, kemudian rendam kucing pada larutan air garam tersebut.

Bedak Anti Jamur atau Spray Anti Kutu

Saat ini sudah tersedia bedak anti jamur dan spray anti kutu yang bisa digunakan untuk membasmi kutu kucing dan jamur kucing yang membandel. Gunakan kedua bahan ini secukupnya (sesuai dengan anjuran yang ada di kemasan) agar tidak terlalu sedikit atau kebayakan tapi efektif mengatasi kutu kucing. Usahakan untuk membaca petunjuk dan cara pemakaian agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Gunakan Alat Mandi Anti Kutu

Pada saat memandikan kucing yang terserang kutu, gunakanlah shampo anti kutu yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di petshop terdekat. Penggunaan shampo anti kutu, tidak hanya membasmi kutu kucing, tetapi juga termasuk telur kutu kucing yang menempel pada bulu kucing. Cara penggunaannya terbilang mudah, cukup dengan mengusapkan shampo keseluruh bagian tubuh kucing hingga merata, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Ulangi langkah yang pertama (mengoleskan shampo pada tubuh kucing), biarkan sejenak kurang lebih 5 menit, kemudian bilas lagi hingga benar-benar bersih sempurna. Cara ini bisa Anda aplikasikan 2 minggu sekali, dan jika terdapat kutu Anda bisa menggunakan shampo anti kutu 1 bulan sekali.

Gunakan Jus Lidah Buaya

Gunakan perpaduan jus lidah buaya dengan sedikit cabe rawit sebagai bahan untuk mengatasi kutu kucing. Keduanya memiliki efek yang ampuh untuk membasmi kutu kucing yang membandel. Cukup dengan menyemprotkan ramuan ini ke area kulit kucing yang terdapat banyak kutu.

Gunakan Tanah Diatom

Tanah diatom bisa dengan mudah Anda dapatkan di petshop langganan Anda. Tanah diatom ini memiliki efek yang baik untuk mengusir kutu yang ada disekitar rumah. Cara pengguannya, cukup dengan menaburkan tanah diatom di sekitar rumah, di sekitar kandang kucing, di area litter box dan tempat-tempat lain yang banyak digunakan kucing untuk beraktivitas.

Obat Tetes Pembasmi Kutu

Obat tetes pembasmi kutu bisa Anda gunakan untuk mengatasi kutu kucing, caranya dengan menetaskannya pada bagian tengkuk kucing atau leher bagian atas. Lakukan pengulangan cara ini hingga 1 bulan ke depan, sekaligus sebagai bentuk pencegahan. Pastikan untuk selalu membaca petunjuk cara pemakaian sebelum mengaplikasikan obat ini pada kulit kucing, selain itu obat tets ini tidak boleh digunakan pada anak kucing berumur kurang dari 2 bulan.

Vaksin Ivermectin

Cara selanjutnya yang efektif dalam membasmi kutu kucing adalah dengan melakukan vaksin Ivermectin. Untuk cara ini, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter hewan agar kucing mendapatkan penanganan yang baik dan profesional. Vaksin ivermectin berguna untuk membasmi cacing dan ektoparasit seperti kutu kucing.

Namun, pengobatan ini kurang efektif untuk mengatasi telur kutu kucing. Biasanya diperlukan 3 kali suntikan dengan jarak 3 sampai 4 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hindari penggunaan suntikan ivermectin pada anak kucing yang masih berusia dibawah 3 bulan, karena bisa menyebabkan keracunan dan kerusakan pada ginjal.

Hal yang Perlu Dihindari Dalam Membasmi Kutu Kucing

Selain langkah-langkah diatas yang bisa Anda gunakan untuk membasmi kutu kucing secara aman dan ampuh. Perlu Anda ketahui bahwa sebagian pemilik melakukannya dengan cara yang kurang benar, sehingga berdampak pada kesehatan kucing. Berikut ini 2 hal yang sebaiknya Anda hindari saat mencoba membasmi kutu kucing.

Hindari Menggunakan Obat Kimia Berlebih

Penggunaan obat Spray Anti Kutu ataupun obat kimia yang lain harus sesuai dengan petunjuk pemakaian yang telah diberikan. Jangan sampai menyemprot bulu kucing sampai basah yang justru bisa berbahaya untuk kucing. Perhatikan selalu dosisnya dan baca dengan teliti petunjuk penggunaannya.

Hati-Hati dengan Penggunaan Minyak Kayu Putih

Meskipun ampuh dalam mengatasi kutu kucing, namun penggunaan yang tidak berhati-hati akan menyebabkan kucing secara tidak sengaja menjilat area yang terdapat minyak kayu putih. Efek yang terjadi bisa menyebabkan kucing muntah dan tidak mau makan.

Selain tips dan cara menghilangkan kutu pada kucing di atas, tidak ada salahnya untuk memandikan kucing secara rutin agar kutu pada kucing dapt dengan mudah dicegah sehingga penanganan kutu pada kucing tidak perlu menyita banyak tenaga Anda, untuk selengkapnya Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya tentang cara memandikan kucing yang galak dan takut air. Semoga bermanfaat.

Kucing Anda mengalami masalah dengan kutu? Berikut ini tips cara membasmi kutu pada kucing (ras dan lokal), baik secara alami maupun secara medis. Category: Kesehatan Kucing. Tagged with: , , .

Terms: bagaimana caranya kutu pada kucing anggora cepet hilang, bisakah mengilangkan kutu kucing dengan bedak bayi, Cara menghilangkan kutu kucing dengan bahan dapur, cara menghilangkan kutu pada kucing 1 5 bulan, cara menghilangkan kutu pada burung kacer, harga obat kutu kucing merk revolution, cara menghilangkan kutu kucing dengan minyak kayu putih cap, harga obat kutu kucing frontline, cara menghilangkan kutu kucing dengan minyak kayu putih sidola, cara menghilangkan kutu pada kucing kampung indonesia, shampo anti kutu untuk anak, cara membasmi kutu pada anak kucing, harga obat kutu untuk kucing, cara menghilangkan kutu anak kucing lucu, 15 cara ampuh membasmi kutu pada kucing (cepat & alami)!!!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!