Friday, 24 November 2017 17:12:25

Cara Membuat Kandang Kucing Sendiri + Harga Kandang Kucing Terbaru

Cara mudah membuat kandang kucing sendiri + harga kandang - Bagi pemilik kucing, kandang merupakan bagian penting yang harus ada di rumah. Dengan adanya kandang, akan menjaga kucing untuk tidak berkeliaran dengan bebas dan beresiko hilang (terlebih jika kucing jika tergolong mahal) selain itu, fungsi kandang juga sangat berguna manakala indukan kucing sedang hamil atau melahirkan, sehingga ada tempat khusus untuk membuatnya tetap nyaman dan tidak stress.

Bagi sebagian pemilik kucing yang ingin berhemat, maka kandang kucing bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang biasanya tersedia di rumah, seperti kayu bekas dari lemari atau perkakas lain yang tidak dipakai ataupun menggunakan bahan alumunium yang bisa Anda beli di toko bangunan terdekat. Berikut ini cara membuat kandang kucing dari kayu dan alumunium.

Cara Membuat Kandang Kucing dari Kayu

Sebelum membuat kandang kucing dari kayu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda terapkan saat akan membuat kandang kucing dari kayu.

Menentukan lokasi kandang kucing

Anda perlu menentukan terlebih dahulu, kandang yang akan dibuat nanti akan ditempatkan di dalam rumah atau diluar rumah. Penempatan kandang kucing akan mempengaruhi tingkat kenyamanan si kucing. Apabila Anda pekarangan yang cukup luas, maka kandang outdoor bisa menjadi pilihan, selain Anda bisa relatif bebas dari bau, Anda juga merasa aman kucing tidak akan berlarian di dalam rumah dan berpotensi merusak perabotan mahal di dalam rumah. Sementara untuk kandang indoor, maka kelebihannya adalah kucing Anda lebih aman dan mudah untuk pengawasannya, namun tentunya perlu rutin membersihkan kotoran kucing dari dalam kandang agar terbebas dari bau.

Penentuan bahan kandang kucing

Pemilihan material kayu yang akan digunakan sebagai kandang juga penting untuk diperhatikan. Pilihlah material kayu yang kuat sehingga kandang tidak mudah rusak. Kombinasikan penggunaan kayu dengan kawat sebagai dinding untuk bisa menghemat budjet Anda. Pembuatan kandang dengan model ini juga akan membuat kucing mendapatkan cukup cahaya, namun tetap terbebas dari terik dan kucing tetap bisa merasa nyaman.

Buatlah pintu masuk dan keluar

Elemen penting dari sebuah kandang kucing adalah pintu masuk dan keluar. Dengan adanya pintu-pintu ini, maka kucing akan lebih mudah keluar masuk untuk mendapatkan makanan atau beristirahat. Untuk kenyamanan, buatlah masing-masing pintu keluar-masuk berukuran 15×15 cm pada sisi yang berbeda.

Kandang dengan model atap yang bisa dilepas

Membuat kandang kucing dengan model atap yang bisa dilepas akan membantu memudahkan kita untuk membersihkan bagian dalam kandang. Selain itu, dengan model kandang seperti ini, Anda bisa dengan mudah memeriksa kondisi kucing kesayangan Anda.

Buat kandang sedikit lebih tinggi

Jika Anda ingin membuat kandang di luar rumah, maka buatlah kandang dengan ukuran yang sedikit lebih tinggi. Kenapa? karena dengan ukuran yang lebih tinggi akan menghilangkan resiko terkena genangan air disaat hujan. Buatlah jalan masuk berupa pijakan yang akan memudahkan kucing untuk keluar masuk kandang.

Contoh Kandang Kucing Kayu Cantik

Contoh Kandang Kucing Kayu Cantik

Cara Membuat Kandang Kucing dari Alumunium

Material berikutnya yang bisa Anda sebagai bahan untuk membuat kandang kucing adalah dengan alumunium. Pemilihan bahan alumunium sendiri lebih dikarenakan bahan ini cenderung ringan dan lebih awet dibandingkan dengan bahan kandang kucing dari bahan kayu. Berikut langkah-langkah dalam membuat kandang kucing dari alumunium.

  • Belilah selonjor pipa alumunium dari toko bangunan terdekat
  • Buatlah format atau bentuk kandang yang Anda inginkan dan pastikan ukuran-ukurannya
  • Potong lonjoran alumunium sesuai dengan ukuran yang telah ditetapkan sebelumnya
  • Sebaiknya buatlah kandang berukuran tinggi 60 cm agar cukup nyaman untuk kucing beraktivitas di dalamnya
  • Untuk bagian pintunya, buatlah bahan plat alumunium dan letakkan di bagian depan
  • Untuk dinding kandangnya, Anda bisa membuatnya dari bahan kawat untuk menghemat budjet

Desain Kandang Kucing

Layaknya teknologi yang terus berkembang, kandang kucing juga berevolusi dengan hadirnya berbagai desain kandang kucing terbaru dan modern. Jika dahulu, kandang kucing identik dengan model box kotak yang monoton, kini berbagai model serta desain kandang kucing bisa Anda buat untuk kucing kesayangan Anda dirumah.

Desain kandang kucing outdoor

Untuk kandang kucing outdoor, ada beberapa model yang bisa Anda gunakan untuk Anda buat menjadi kandang kucing kesayangan di rumah. Yang utama dalam penentuan kandang kucing outdoor adalah pada bagian atapnya. Sebaiknya gunakan atap yang tertutup atau jika Anda ingin menggunakan kawat sebagai atapnya, maka usahakan Anda meletakkan kandang tersebut di bagian rumah yang aman dari terpaan hujan.

Desain kandang kucing indoor

Sedangkan untuk desain kandang kucing indoor, Anda bisa membuat kandang yang menyesuaikan ukuran ruang kosong di dalam rumah yang Anda sediakan untuk tempat kandang kucing. Jangan membuat kandang terlalu besar sehingga tampak aneh saat ditempatkan di dalam rumah dan jangan terlalu kecil, sehingga membuat kucing kesulitan bergerak. Untuk atapnya, bisa Anda buat dengan model terbuka, sehingga membuat kucing lebih mudah untuk Anda monitoring.

Contoh Kandang Kucing Aluminium Bertingkat

Contoh Kandang Kucing Aluminium Bertingkat

Harga Kandang Kucing yang Sudah Jadi

Bagi Anda yang tidak ingin repot membuat kandang kucing sendiri di rumah, maka membeli kandang jadi adalah solusi yang praktis dan mudah untuk dilakukan. Anda bisa memilih ukuran kandang dan material kandang yang akan digunakan. Untuk kandang anakan kucing berbahan besi harganya berkisar antara 150 ribu hingga 250 ribuan. Sedangkan untuk kandang kucing dewasa berbahan besi harganya berkisar antara 300 ribu hingga 500 ribuan.

Tuesday, November 21, 2017. Ingin membuat kandang kucing sendiri karena harga kandang kucing yang mahal? Yuk simak langkah-langkah bagaiamana membuat kandang kucing berikut ini. Category: Artikel, Perawatan Kucing. Tagged with: , , .

Terms: cara membuat kandang kucing, kandang kucing dari kayu, alat membuat kandang dari aluminium, membuat kandang kucing dari kayu, membuat kandang kucing, kandang kucing, harga kandang kucing, cara membuat rumah kucing, cara membuat kandang kucing dari alumunium, cara bikin kandang kucing alumunium, kandang kucing dari pipa pvc, desain kandang kucing persia dari kayu, kandang kucing alumunium murah, kandang kucing alumunium bekas, desain kandang kucing dari kayu manis, cara membuat kandang kucing di minecraft, contoh gambar kandang kucing, cara membuat kandang kucing sendiri + harga kandang kucing terbaru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!