Monday, 25 September 2017 05:45:52

Cara Mudah Memandikan Kucing yang Takut Air & Galak

Cara mudah memandikan kucing & anak kucing yang galak (takut air) - Kucing yang lucu dan aktif berlari-lari di dalam rumah akan terlihat menyenangkan. Namun, terkadang mereka masuk ke area rumah yang kotor, seperti kolong tempat tidur atau di bawah meja yang kotor dan banyak sarang laba-laba. Saat kucing sudah kotor, maka sudah waktunya untuk dimandikan. Namun, bagi yang tidak tahu caranya, memandikan kucing bisa menjadi pekerjaan yang tidak mudah.

Kucing yang badannya kotor, cenderung mudah terkena ancaman penyakit, oleh karena itu penting untuk membersihkannya dengan memandikan kucing. Sayangnya, kucing seringkali diidentikkan sebagai hewan yang takut air, sehingga memandikan kucing terkesan sulit, karena mereka selalu lari jika terkena air.

Berapa Kali Dalam Seminggu Memandikan Kucing?

Kucing yang berbulu banyak dianjurkan minimal untuk dimandikan 1 kali dalam sebulan atau bisa juga dilihat dari bulunya yang sudah terlalu lusuh dan kotor. Sebagian pemilik kucing yang senang menjaga kebersihan dan kesehatan kucingnya, cukup sering memandikan kucing, hanya saja perlu dibatasi maksimal sekali dalam 2 minggu.

Selain untuk kebersihan dan merupakan bagian dari perawatan kucing, mandi bagi kucing juga bermanfaat untuk menghindari kucing dari resiko penyakit, seperti misalnya jamur, bulu kucing rontok dan kutu. Kucing yang jarang diperhatikan kebersihannya akan lebih berpotensi terserang penyakit, daripada yang rutin mendapatkan perawatan kebersihan.

Alasan Kenapa Kucing Takut Air

Ada alasan kenapa hampir semua kucing takut atau benci terhadap air. Berikut 3 alasan yang mendasarinya.

  1. Pada umumnya, kucing memiliki perilaku yang kurang toleran terhadap perubahan dan pengalaman baru. Seekor kucing yang tidak pernah terkena air sama sekali akan merasa tidak nyaman apabila tubuhnya basah kuyup karena air. Berbeda apabila sedari kecil, kucing telah dikenalkan dengan air, maka kucing tersebut akan lebih toleran terhadap air.
  2. Kucing juga termasuk hewan yang sangat teliti dan peduli akan kebersihan. Mereka banyak menghabiskan waktu untuk menjilati tubuhnya sendiri, tidak lain untuk membuatnya tetap bersih. Oleh karena itu, mereka tidak menyukai sesuatu yang aneh (tidak normal) pada bulu atau tubuh mereka. Jadi dengan memandikan kucing, maka akan membuat mereka merasa mendapatkan tugas tambahan untuk membersihkan tubuhnya lebih sering lagi.
  3. Alasan ketiga merupakan alasan biologis, dimana meskipun kucing suka akan bau ikan, namun tidak dengan bau laut ataupun sungai. Kucing-kucing yang sekarang dikembang-biakkan, banyak berasal dari daerah yang kering, sehingga mereka tidak pernah belajar untuk berenang karena memang tidak memerlukannya. Kebiasaan ini menurun hingga kucing modern yang banyak dipelihara saat ini.

Foto Kucing Lucu Sedang Mandi

Cara Mudah Memandikan Kucing yang Takut Air

Memandikan kucing yang takut air bisa menyebabkan masalah. Jika kurang berhati-hati, Anda bisa terkena cakaran kucing atau bahkan gigitan. Bagi Anda yang belum berhasil memandikan kucing kesayangan Anda, ada beberapa langkah di bawah ini yang bisa Anda coba agar bisa dengan mudah memandikan kucing yang takut air (untuk kucing berusia 3 bulan keatas).

Siapkan Peralatan yang Akan Anda Gunakan Terlebih Dahulu

Kucing yang takut dengan air akan berusaha menghindar saat akan dimandikan. Dengan menyiapkan peralatan mandi terlebih dahulu, Anda bisa lebih fokus mengawasi kucing Anda agar tidak lari. Gunakan keset berbahan karet agar kucing tidak mudah terpeleset, kemudian gunakan shampo khusus kucing (shampo untuk manusia, terlalu kering untuk kucing). Siapkan handuk yang besar dan lembut untuk menyelimuti kucing sesaat setelah mandi. Anda juga bisa menyiapkan sarung tangan dari karet untuk melindungi tangan dari resiko goresan.

Peralatan Memandikan Kucing

Potong Kuku Kucing dan Sikat Bulunya

Sebelum memandikan kucing, terlebih dahulu potong kukunya yang panjang agar terhindar dari cakaran kucing. Kemudian sikat bulunya agar kotoran di dalam bulu hilang dan membantu menghilangkan kusut. Anda bisa memanfaatkan langkah ini untuk membantu menenangkan kucing dengan mengelus-elus bulunya, agar siap untuk dimandikan.

Hindari Mengejar dan Menakuti Kucing

Salah satu cara termudah dalam memandikan kucing adalah saat kucing tersebut dalam keadaan tenang. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak menakut-nakuti dengan cara mengejar-ngejarnya atau menyemprotnya dengan air, karena justru akan membuat kucing semakin sulit untuk dimandikan.

Gunakan Air Hangat untuk Memandikan Kucing

Jangan menggunakan air yang terlalu panas ataupun dingin untuk memandikan kucing, tetapi dengan menggunakan air hangat. Apabila Anda menggunakan bak mandi dari plastik, maka isilah dengan air panas terlebih dahulu, baru tambahkan dengan air. Rasakan dengan ujung jari Anda, apabila dirasa sudah tepat (hangat), maka siap digunakan untuk memandikan kucing.

Pada saat memandikan kucing, peganglah pada bagian belakang lehernya dengan lembut. Posisi ini memudahkan Anda untuk memegang kucing yang takut dengan air. Kemudian secara perlahan masukan kucing ke dalam bak mandi.

Memandikan dan Memberikan Shampo

Ketika kucing sudah berada di bak mandi, basahi tubuh kucing dengan gayung berisi air hangat secara perlahan. Kemudian lanjut dengan pemberian shampo pada seluruh tubuh kucing dengan lembut. Sembari meratakan shampo, pijat tubuh kucing dengan lembut dan perlahan. Yang penting untuk Anda perhatikan saat memberikan shampo adalah berhati-hati untuk tidak sampai mengenai muka dan telinga kucing. (Apabila tanpa sengaja wajah kucing terkena shampo, segeralah dibilas, namun jika masih terjadi iritasi, bawalah segera ke dokter hewan).

Begitu pula saat akan membasuh shampo dari tubuh kucing, jangan sampai mengenai wajah dan telinga kucing. Caranya dengan membilas shampo (dengan air hangat) yang ada di bagian kepala turun ke bagian bawah tubuh kucing hingga ke belakang. Pastikan untuk membilas seluruh shampo dari tubuh kucing hingga bersih. Hal ini untuk menghindari sisa residu dari shampo yang bisa mengiritasi kulit kucing dan menyebabkan gatal. Selain itu juga bisa menyebabkan lengket, sehingga debu kembali menempel pada bulu kucing.

Mengeringkan Kucing Setelah Mandi

Setelah yakin tidak ada shampo yang tertinggal di tubuh kucing, maka langkah berikutnya adalah mengeringkannya dengan handuk yang kering dan lembut. Anda bisa mengeringkan sisa-sisa air dengan handuk terlebih dahulu, kemudian membungkusnya dengan handuk agar bulu tubuhnya kering merata. Usahakan untuk tidak terlalu longgar atau terlalu ketat saat membungkus, agar kucing bisa bernafas dengan baik.

Mengeringkan Kucing Setelah Mandi

Mengeringkan Kucing Setelah Mandi

Bersihkan Telinga

Setelah tubuh kucing sepenuhnya kering, langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah membersihkan telinga kucing. Gunakan cotton bud yang berukuran kecil dan olesi dengan baby oil. Lalu, bersihkan telinga kucing dengan perlahan agar kucing tidak merasa kesakitan.

Cara Memandikan Anak Kucing

Anak kucing berusia 1-3 bulan tubuhnya masih lemah dan rentan. Sebenarnya induk kucing senantiasa membersihkan anak-anaknya dengan cara menjilati tubuh anak kucing. Namun, apabila Anda merasa tubuh anak kucing masih kotor, maka Anda bisa memandikan anak kucing dengan menggunakan lap lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan kotoran yang menempel pada tubuh anak kucing.

Nah bagaiamana? Sudah siap untuk memandikan kucing? Demi kebaikan si manis, tentunya tidak ada salahnya Anda mencoba memandikan kucing secara rutin sesuai rekomendasi kami di atas.

Memandikan kucing memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Berikut ini tips cara memandikan kucing atau anak kucing yang takut air dan galak. Category: Perawatan Kucing. Tagged with: , .

Terms: cara memandikan kucing yang takut air, cara agar kucing gakal takut air, cara memandikan kucing yang galak, cara memandikan kucing yg galak dn tkut air, memandikan kucing takut air, cara memandikan kucing kampung gendut, cara memandikan kucing yang galaktion, cara memandikan kucing persia di rumah upin ipin, memandikan kucing berapa liter, cara memandikan kucing persia, cara memandikan kucing persia umur 2 bulan, cara memandikan kucing dengan benar, cara memandikan anak kucing liar, cara memandikan kucing anggora sendiri, cara memandikan kucing galak, cara mudah memandikan kucing yang takut air & galak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!