Sunday, 25 June 2017 01:50:43

Tips Agar Kucing Mudah Beradaptasi dengan Lingkungan (Rumah) Baru

Tips & cara agar kucing mudah beradaptasi dengan rumah (lingkungan) baru - Membeli kucing baru dari toko hewan atau pindahan rumah akan membuat kucing merasakan lingkungan yang belum pernah mereka kenal sebelumnya. Perubahan tempat tinggal ini membuat kucing merasa tidak nyaman dan bisa mengalami trauma seperti tidak mau makan, menggigit dan suka menggaruk.

Tips & Cara Mudah Mengenalkan Kucing dengan Rumah (Lingkungan) Baru

Proses adaptasi kucing terhadap lingkungan baru perlu dilakukan dengan baik. Sebagai pemilik, kita harus membantu kucing dalam mengenal lingkungan barunya agar kucing tidak mengalami stress. Berikut ini adalah kumpulan tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk membuat kucing merasa nyaman dengan lingkungan (rumah) barunya.

Foto Kucing dengan Rumah Baru

Gunakan Box Tertutup dalam Perjalanan

Pada saat Anda membeli kucing baru di toko hewan, usahakan untuk membawanya ke rumah dengan menggunakan kotak box tertutup. Hal ini dilakukan untuk menghindari trauma dalam perjalanan menuju rumah barunya.

Siapkan Satu Ruang Kecil di Rumah

Anda perlu menyiapkan satu ruang kecil di rumah Anda yang berfungsi sebagai area isolasi untuk sementara waktu bagi kucing Anda. Kucing baru biasanya membutuhkan waktu hingga 2 minggu untuk bisa beradaptasi dengan baik di rumah barunya. Selain itu, jangan memaksa kucing untuk langsung keluar dari box, biarkan kucing keluar dari kandangnya sendiri.

Berikan kesempatan untuk mengenali bau dan suara yang baru, sehingga akan membuat kucing merasa lebih nyaman saat pertama kali datang ke rumah. Kucing betina biasanya memerlukan waktu adaptasi lebih lama daripada kucing jantan.

Berikan Makanan Setelah 1 Jam

Berikan waktu bagi kucing untuk mengenal lebih dulu lingkungan barunya, hingga membuatnya sedikit merasa nyaman. Usahakan untuk tidak memberikan makanan pada kucing, minimal setelah 1 jam berada di rumah.

Hindari Musik yang Keras

Sebaiknya hindari memutar musik dalam volume yang keras baik di dalam kendaraan pada saat membawa kucing baru pulang ke rumah ataupun sesampainya di rumah. Suara musik yang terlalu kencang bisa mengganggu proses adaptasi kucing baru.

Bawalah ke Dokter Hewan

Kucing yang baru dibeli tentu perlu dicek kesehatannya. Oleh karena sebaiknya bawalah kucing pada dokter hewan terbaik. Langkah ini akan membantu Anda untuk mengetahui lebih jelas tentang kondisi kesehatan kucing, apakah kucing yang baru Anda beli benar-benar bebas dari penyakit atau memiliki gangguan kesehatan seperti membawa parasit, cacat lahir ataupun penyakit yang lain.

3 hal yang perlu Anda tanyakan saat membeli kucing baru adalah sebagai berikut:

  • Tipe makanan yang diberikan, porsi makan terbaik dan frekuensi waktu makan
  • Potensi penyakit yang bisa menyerang dan cara mengatasinya
  • Jadwal vaksinasi lanjutan yang perlu diberikan

Sempatkan Waktu untuk Kucing

Jika Anda berpindah rumah, maka pasti disibukkan dengan berbagai barang dan peralatan yang perlu ditata dan dirapikan. Namun, jangan terlalu fokus dengan hal itu dahulu, apabila Anda mendapati kucing baru sudah keluar dari kandanganya dengan kemauannya sendiri, maka sempatkanlah waktu untuk membelainya dan menunjukkan kasih sayang. Hal ini akan memberikan kucing tambahan rasa nyaman karena seolah dia tidak ditinggalkan sendirian.

Pastikan untuk Membawa Serta Semua Peralatan Kucing yang Lama

Saat mengemasi barang untuk pindahan rumah, jangan sampai meninggalkan segala perlengkapan kucing yang dipakai selama ini. Baik itu tempat makan, tempat minum, kotak pasir, tempat tidur, aksesoris dan mainan si kucing. Bawalah serta barang-barang tersebut dan jangan ditinggalkan. Penggunaan barang-barang yang telah dikenal kucing akan membantu proses adaptasi di lingkungan baru dengan lebih mudah.

Contoh Ruangan Bermain untuk Kucing

Contoh Ruangan Bermain untuk Kucing

Kenalkan Kucing Pada Lingkungan Rumah

Yang terpenting dalam pengenalan lingkungan baru pada kucing adalah perlunya kucing tahu dimana tempat mereka akan makan, minum dan buang kotoran. Hal ini penting mengingat kucing tidak mengenal lingkungan barunya, sehingga dikhawatirkan kucing akan kelaparan atau buang kotoran secara sembarangan.

Ajak Kucing Jalan-Jalan

Langkah berikutnya dalam rangka mengenalkan kucing pada lingkungan barunya adalah dengan mengajaknya jalan-jalan di lingkungan luar rumah. Perhatikan bagaimana responnya, kalungkan tali leher pada kucing agar tidak kabur karena takut atau kaget karena mendengar suara motor atau kendaraan lain. Apabila kucing tampak nyaman setelah beberapa kali Anda ajak jalan-jalan keluar, Anda bisa mencoba memberikan kesempatan untuk membiarkannya bermain di area luar rumah.

Jangan Biarkan Kucing Merasa Stress

Hal ini penting untuk diberikan perhatian yang lebih mengingat kucing yang baru pindah ke lingkungan yang belum dikenalnya akan rentan dengan stress. Kucing yang stress biasanya akan tidak mau makan, kemudian mudah merasa takut dan sering mencari tempat bersembunyi untuk memberinya rasa aman.

Langkah yang perlu Anda ambil adalah dengan memberikannya perhatian lebih, kenali sikap kucing dengan baik. Siapkan berbagai keperluannya pada tempat yang mudah mereka jangkau, selain itu tunjukkan kasih sayang dengan cara membelainya agar kucing merasa nyaman.

Sama halnya dengan manusia, kucing juga butuh waktu adaptasi ketika berpindah dari lingkungan lamanya ke lingkungan yang baru. Proses adaptasi yang baik menjadi penting mengingat kucing yang kesulitan beradaptasi bisa mengalami stress dan susah makan. Beberapa tips diatas bisa menjadi langkah awal bagi Anda untuk membantu kucing beradaptasi dengan baik di lingkungan barunya.

Bagaimana cara agar kucing bisa beradaptasi dengan lingkungan (rumah) barunya? Berikut ini beberapa tips yang bisa membuat kucing Anda beradaptasi secara mudah dengan lingkungan barunya. Category: Perawatan Kucing. Tagged with: , , .

Terms: cara membuat kucing betah, cara kucing berkembang biak, membuat kucing betah directions, lama kucing hamil, cara kucing berkomunikasi, membuat kucing betah di rumah upin ipin, membuat kucing betah di rumah baru ayu, cara mengenalkan kucing kepadamu, lama adaptasi kucing terhadap hal apa, lama adaptasi kucing terhadap in english, tips agar kucing mudah beradaptasi dengan lingkungan (rumah) baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!