Friday, 15 December 2017 22:31:20

Ciri-ciri Kucing Maine Coon Asli dan Harganya

Ini ciri-ciri kucing maine coon asli & harganya (update) - Kucing Maine Coon merupakan salah satu jenis kucing populer yang berasal dari daerah Maine di Amerika Serikat. Namun, informasi mengenai asal-usulnya yang jelas masih belum pasti. Sebagian ada yang mengatakan bahwa jenis kucing ini dibawa oleh bangsa Viking ke daerah amerika utara, berabad-abad sebelum Columbus pergi berlayar menjelajahi lautan. Ada juga yang mengatakan bahwa Maine Coon merupakan keturunan dari kucing bulu panjang milik Marie Antoinette.

Maine Coon merupakan spesies kucing yang tergolong berukuran besar. Mereka memiliki berat badan rata-rata 4 hingga 8 kg (umumnya kucing jantan lebih besar dari betina). Maine Coon biasanya memiliki sorot mata yang tajam dan bentuk hidung dan moncong mulut yang khas.

Ciri-ciri Kucing Maine Coon Asli

Kucing Maine Coon memiliki karakter yang bersahabat sehingga cocok dipelihara sebagai kucing rumahan. Nah bagi Anda yang ingin memelihara Maine Coon, mari kita kenali lebih dalam dengan mengenal ciri-ciri Kucing Maine Coon asli di bawah ini.

Foto Kucing Maine Coon Asli

Foto Kucing Maine Coon Asli

Memiliki bentuk kepala yang unik

Kucing Maine Coon memiliki bentuk kepala yang unik, telinganya besar dengan bagian ujungnya runcing dan diselimuti bulu. Ukuran kepalanya sedang dan lebar, sedangkan dahinya sedikit melengkung serta tulang pipinya menonjol. Bagian hidung Kucing Maine Coon terhitung lebar, namun sedikit melengkung pada bagian ujungnya dan tajam pada bagian dagunya. Sedangkan bagian lehernya berukuran sedang dan kuat.

Ekor unik seperti kemoceng

Salah satu keunikan dari kucing ini adalah bagian ekornya, dimana ekor pada Kucing Maine Coon berbentuk seperti kemoceng dengan balutan bulu-bulu lebat nan halus. Ekornya memanjang, mulai dari pangkal yang berbentuk lebar hingga meruncing pada bagian ujungnya.

Gambar Kucing Maine Coon

Gambar Kucing Maine Coon

Memiliki mata yang unik

Kucing Maine Coon terkenal memiliki bentuk mata yang indah. Mereka diberkahi dengan bentuk mata oval yang terlihat besar dan cantik. Perpaduan mata dan hidung Kucing Maine Coon membuatnya mudah disukai banyak orang untuk memeliharanya.

Tubuh yang besar

Seperti yang sudah ditulis di awal, spesies Kucing Maine Coon merupakan jenis kucing yang tergolong berukuran besar. Pada umumnya Kucing Maine Coon dewasa memiliki berat 4 hingga 8 kg. Untuk kucing jantan dewasa biasanya memiliki berat badan yang lebih besar daripada kucing betina. Namun untuk mencapai berat yang maksimal, Maine Coon harus menunggu hingga mereka dewasa (berusia 3 hingga 5 tahun).

Tubuh yang mudah beradaptasi

Kucing Maine Coon dibekali dengan tubuh yang mudah untuk beradaptasi pada banyak lingkungan, bahkan pada area yang terbilang ekstrim. Mereka memiliki bulu yang tebal dan anti air, sehingga kuat untuk menahan tubuh dari dinginnya salju dan suhu dingin. Kucing Maine Coon bisa menjadi teman yang tepat saat musim dingin tiba, karena mereka akan tetap merasa nyaman meskipun suhu udara terasa dingin.

Kucing Maine Coon Asli

Kucing Maine Coon Asli

Sifat Kucing Maine Coon

Terkenal sebagai salah satu spesies yang banyak dipelihara di dalam rumah, Kucing Maine Coon memiliki kemampuan adaptasi yang baik pada berbagai karakter manusia dan gaya hidupnya. Kucing ini sangat menyukai beraktivitas di dekat manusia dan memiliki kebiasaan untuk selalu mengikuti kemanapun sang pemilik pergi. Kucing Maine Coon sangat menyukai perhatian yang Anda berikan saat bermain-main dengannya.

Kucing Maine Coon juga terkenal karena kemampuannya sebagai penangkap tikus yang handal. Tidak ada satu ekor tikuspun yang akan nyaman berlama-lama tinggal di dalam rumah apabila Anda memelihara Kucing Maine Coon. Mereka juga selalu berusaha untuk mengasah kemampuan berburu dengan berlarian mengejar mainan dan menangkapnya dengan kuku-kukunya.

Foto Kucing Maine Coon Cantik

Sama seperti Kucing Bengal, jenis kucing ini bisa memanjat ke area yang lebih tinggi dengan baik, namun seringkali mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di bawah. Salah satu sifat Kucing Maine Coon yang menyenangkan adalah mereka terbilang jenis kucing yang pintar, dimana mereka akan sangat senang belajar trik-trik baru saat bermain atau bermain dengan mainan teka-teki yang bisa meningkatkan kemampuan otaknya.

Maine Coon merupakan jenis kucing yang suka bermain bahkan hingga mereka berusia dewasa. Namun biasanya kucing jantan lebih pemalu, sedangkan kucing betina lebih bisa menjaga diri dan terlihat sopan.

Makanan Kucing Maine Coon

Kunci untuk bisa memelihara Kucing Maine Coon dengan baik adalah memperhatikan asupan makanan yang diberikan. Ada beberapa jenis makanan yang boleh dikonsumsi oleh Kucing Maine Coon dan ada pula jenis makanan yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi. Berikut adalah daftarnya.

Daftar makanan yang boleh dikonsumsi Kucing Maine Coon

Jika Anda memiliki Kucing Maine Coon, maka di bawah ini adalah daftar makanan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan yang dapat menjaga kesehatan kucing Anda serta direkomendasikan oleh para ahli.

  • Sarden
  • Ikan haring yang dimasak
  • Pollack
  • Atlantic Cod
  • Bungkul
  • Kapur sirih
  • Kubis
  • Biji Cokelat
  • Hati sapi
  • Daging sapi
  • Daging domba
  • Ayam yang dimasak
  • Ikan yang dimasak
  • Keju
  • Tuna kaleng

Daftar makanan yang tidak boleh dikonsumsi Kucing Maine Coon

Makanan Maine Coon yang sebaiknya dihindari juga sangat penting untuk diketahui agar Kucing Maine Coon Anda senantiasa sehat dan lucu.

  • Cookies
  • Cokelat
  • Daging babi
  • Ikan air tawar
  • Susu sapi
  • Ayam mentah

Anak Kucing Maine Coon

Sebagian dari penggemar kucing kadang bertanya-tanya apakah anak kucing yang mereka miliki adalah anak Kucing Maine Coon? Pertanyaan ini tentu didasarkan dari banyaknya penyuka kucing yang menggemari Kucing Maine Coon dan ingin memeliharanya. Sebenarnya untuk mengetahui apakah kucing yang Anda miliki adalah Kucing Maine Coon atau bukan adalah mudah.

Ciri-ciri anak Kucing Maine Coon dengan Kucing Maine Coon yang sudah dewasa terbilang sama. Hanya saja, tidak seperti kucing pada umumnya yang akan mencapai ukuran maksimal saat berusia 9 hingga 12 bulan, tetapi untuk anak Kucing Maine Coon masih akan terus tumbuh maksimal hingga usia 3-5 tahun.

Masalah Kesehatan Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon asli atau kucing keturunan campuran Maine Coon kemungkinan mengalami beberapa masalah kesehatan yang didapatkan secara genetik. Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa menyerang Kucing Maine Coon.

  • Hip dysplasia, merupakan salah satu penyakit yang dalam kasus yang parah bisa menyebabkan kepincangan pada kucing.
  • Hypertrophic cardiomyopathy, adalah salah satu penyakit jantung yang sering diwarisi pada spesies Kucing Maine Coon.
  • Penyakit ginjal polikistik, adalah penyakit ginjal yang diwariskan dan secara perlahan mempengaruhi kesehatan ginjal. Pada kasus yang lebih parah bisa menyebabkan gagal ginjal.
  • Spinal muscular atrophy, merupakan kelainan genetik yang mempengaruhi otot rangka dan tungkai.

Harga Kucing Maine Coon

Karena merupakan salah satu jenis kucing yang eksotis, maka tidak bisa dipungkiri bahwa Kucing Maine Coon dijual dengan harga yang mahal. Bagi Anda yang menyukai jenis kucing ini dan ingin memeliharanya, Anda bisa membelinya via online dengan mengunjungi olx, forum kaskus atau toko online lainnya. Bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung akan lebih mudah mendapatkannya karena banyak dijual di Pet Shop.

Anak Kucing Maine Coon Lucu

Anak Kucing Maine Coon Lucu

Untuk harga Kucing Maine Coon berusia 3 bulan berkisar antara Rp. 700 ribu hingga Rp. 800 ribu (belum vaksin) atau Rp. 850 ribu hingga Rp. 900 ribu (sudah vaksin). Untuk anak Kucing Maine Coon berusia 6 bulan harganya berkisar antara Rp. 1 juta hingga 1,5 juta (belum vaksin) atau Rp. 1,125 juta hingga Rp. 1,650 juta (sudah vaksin).

Sedangkan untuk Kucing Maine Coon yang sudah dewasa harganya bervariasi. Jika ukurannya sangat besar dan wajahnya unik dan lucu biasanya dihargai mahal, bahkan satu ekor Kucing Maine Coon dewasa bisa dijual dengan harga 12 juta hingga 18 juta rupiah. Angka yang fantastis bukan? Demikian artikel kami kali ini yang membahas tentang Kucing Maine Coon, semoga bermanfaat.

Wednesday, December 13, 2017. Ingin memiliki Kucing Maine Coon? Artikel berikut ini mengulas Kucing Maine Coon secara lengkap mulai dari ciri-ciri, makanan yang baik, anak kucing maine coon hingga harga terbaru. Category: Jenis Kucing. Tagged with: , , .

Terms: harga kucing maine coon kuning dewasa, kucing maine coon, harga kucing maine coon lucky hakim, anak kucing maine coon, harga kucing maine coon original, harga kucing maine coon di indonesia, ciri ciri kucing maine coon asli enver, harga kucing maine coon umur 3 bulan, makanan terbaik untuk kucing maine coon, ciri-ciri kucing maine coon asli dan harganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!