Wednesday, 13 December 2017 06:03:57

7 Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan & Persiapan yang Harus Anda Ketahui

7 ciri-ciri kucing mau melahirkan yang wajib diketahui!!! - Salah satu hal yang membahagiakan ketika kita memelihara kucing adalah bertambahnya jumlah kucing yang kita miliki. Keseruan di dalam rumah dipastikan meningkat dengan tingkah lucu kucing-kucing kecil yang baru lahir. Namun sebelum merayakan datangnya kucing kecil baru di rumah, tentunya kita perlu tahu apa saja ciri-ciri kucing yang mau melahirkan agar kita bisa mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan.

Kucing hamil yang sudah memasuki masa-masa melahirkan tentu membutuhkan perhatian yang lebih. Meskipun pada umumnya induk kucing bisa melahirkan tanpa bantuan manusia, namun kondisi yang tidak nyaman serta gangguan bisa menyebabkan anak kucing yang dilahirkan menjadi cacat atau bahkan mati.

Gambar Kucing Hamil Lucu

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan tingkah laku kucing hamil ketika masa melahirkan sudah dekat agar kita faham bagaimana menangani kucing yang akan melahirkan dengan baik. Berikut ini ciri-ciri umum yang banyak dikenali pada kucing yang akan melahirkan.

1. Tidur terus-menerus

Ciri pertama yang bisa Anda kenali pada seekor kucing yang akan melahirkan adalah tidur dalam waktu yang lama. Kucing yang akan melahirkan bisa tidur bahkan sampai 20 jam per hari. Tidur yang lama bisa diartikan bahwa kucing tersebut sedang menyiapkan tenaga dan fisik untuk prosesi melahirkan nanti.

Foto Kucing Hamil Sedang Tidur

Foto Kucing Hamil Sedang Tidur

2. Suka mencari tempat yang sepi

Kucing yang akan melahirkan biasanya suka mencari tempat yang aman dan nyaman. Tempat tersebut biasanya cukup hangat dan sedikit tersembunyi, sehingga aman dari ancaman predator. Beberapa lokasi yang sering dijadikan tempat sembunyi kucing yang akan melahirkan diantaranya adalah atap rumah, gudang dan lemari pakaian. Jika Anda melihat kucing sering mondar-mandir di dalam rumah dalam keadaan hamil besar, Anda perlu membantunya dengan menyiapkan tempat yang nyaman untuk induk kucing saat melahirkan.

3. Kucing sering mengeong

Ciri ketiga yang bisa menjadi tanda kucing tersebut akan melahirkan adalah sering mengeong. Jika Anda menemukan kucing yang hamil besar sering mengeong dengan keras dan terus-menerus, maka bisa jadi kucing tersebut akan melahirkan. Tindakan antisipasi yang bisa Anda lakukan selain menyediakan tempat yang nyaman adalah menjauhkan kucing tersebut dengan kucing jantan. Kucing jantan pasangan kucing Anda akan membawa anak kucing yang baru lahir, bahkan dalam beberapa kasus kucing jantan akan memakan anak yang baru dilahirkan (terutama anak kucing berkelamin jantan).

4. Air ketuban pecah

Kucing merupakan hewan mamalia dimana ketika kucing betina akan melahirkan maka mereka juga akan mengalami pecah ketuban. Untuk membedakan kucing tersebut akan melahirkan atau hanya buang air, maka Anda bisa menghitung masa kehamilan yang telah berjalan. Pada umumnya masa kehamilan kucing berlangsung selama 2 bulan (60 atau 70 hari), oleh karena itu dengan mengetahui perkiraan waktu kelahiran, Anda bisa tahu apakah kucing tersebut akan melahirkan atau tidak.

5. Nafsu makan berkurang

Nafsu makan yang berkurang merupakan ciri selanjutnya bahwa kucing tersebut akan melahirkan. Nafsu makan induk kucing yang menurun yang diikuti dengan sulit bergerak dan sering lemas menjadi pertanda bahwa kucing tersebut akan melahirkan.

6. Keluarnya cairan kolostrum dari kelenjar susu

Ciri keenam dari kucing yang mau melahirkan adalah keluarnya cairan kolostrum dari kelenjar susu. Biasanya seminggu setelah induk kucing mengeluarkan cairan kolostrum (berwarna sedikit kuning), maka induk tersebut akan melahirkan.

Gambar Ciri-ciri Kucing Hamil

7. Suhu tubuh menurun

Suhu tubuh kucing pada umumnya berkisar antara 38-39,2 derajat celcius, sedangkan untuk kucing yang akan melahirkan suhu tubuhnya berkisar antara 37-38 derajat celcius. Sebaiknya siapkan diri dengan termometer dalam 1-2 hari menjelang kelahiran untuk mengecek suhu tubuh kucing secara berkala.

Jika Anda mengenali beberapa ciri diatas, maka bisa jadi kucing Anda akan melahirkan. Perlu Anda ketahui bahwa kontraksi yang berlangsung pada kucing yang melahirkan biasanya berlangsung selama 12 jam. Kemudian biasanya mereka akan mengejan 1-2 kali selama 10 hingga 30 menit untuk melahirkan anak-anaknya. Induk betina kucing kemudian akan menjilati kantung ketuban agar anak kucing bisa bernafas. Kemudian memotong tali pusarnya dengan cara digigit.

Ciri-ciri Kucing Ras Mau Melahirkan

Diatas telah disebutkan tentang ciri-ciri kucing kampung mau melahirkan dan prosesi selama melahirkan yang perlu Anda ketahui. Lantas bagaimana dengan kucing ras, seperti misalnya Kucing Persia dan Anggora? Seekor kucing ras mau melahirkan biasanya memiliki ciri-ciri yang hampir mirip dengan kucing pada umumnya, seperti nafsu makan berkurang dan nafas tersengal-sengal. Namun tidak seperti kucing kampung yang bisa melahirkan sendiri, kucing persia atau anggora perlu perhatian ekstra selama masa kelahiran.

Kucing ras perlu dibantu saat melahirkan, oleh karena itu jika Anda mengenali ciri-ciri bahwa kucing ras di rumah akan melahirkan, maka siapkan peralatan-peralatan yang diperlukan. Sediakan kandang kucing yang mudah menyerap air, namun tetap kering permukaan (underpad), kemudian siapkan peralatan mulai dari air hangat, tisu, gunting, kapas, cairan antiseptik atau rivanol, dan cairan pengering luka atau betadine.

Foto Kucing Ras Sedang Hamil

Biasanya waktu untuk melahirkan masing-masing kucing berbeda-beda, ada yang cepat ada pula yang lambat. Bantu kucing dengan mengurut pelan pada area perut agar bayi kucing cepat keluar. Ketika bayi kucing keluar, gunting tali pusarnya sepanjang 3 cm dari perut bayi. Kemudian bersihkan bagian pusarnya dengan rivanol dan berikan betadine. Langkah selanjutnya adalah mensterilkan tubuh bayi kucing dengan kapas yang sudah direndam di air hangat, lalu keringkan dengan tisu.

Sebagai tambahan dalam masa kelahiran anak kucing, tambahkan lampu pijar di dalam kandang agar kandang terasa hangat dan nyaman untuk bayi kucing. Selain itu, cukurlah bulu disekitar puting induk kucing agar memudahkannya dalam menyusui bayi kucing.

Baik ciri-ciri kucing kampung mau melahirkan ataupun kucing ras mau melahirkan pada umumnya adalah sama, yang menjadi perbedaan adalah kucing kampung bisa melahirkan sendiri tanpa bantuan manusia, sedangkan untuk kucing ras perlu bantuan manusia untuk melahirkan.

Sunday, December 3, 2017. Kucing Anda sedang hamil? Berikut ini ciri-ciri kucing mau melahirkan serta persiapan & cara membantu kucing melahirkan yang harus Anda ketahui. Category: Perawatan Kucing. Tagged with: , , .

Terms: cara mengatasi kucing melahirkan, ciri ciri kucing akan melahirkan, ciri fisik kucing akan melahirkan, tanda tanda kucing, tanda tanda kucing mau melahirkan, tanda tanda kucing mau melahirkan dalam, tanda tanda kucing melahirkan, tanda kucing melahirkan di bidan, tanda tanda kucing mau melahirkan tanpa, ciri ciri kucing saat mau melahirkan, ciri ciri kucing mau melahirkan caesar, gambar kucing melahirkan, 7 ciri-ciri kucing mau melahirkan & persiapan yang harus anda ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!