Monday, 25 September 2017 04:11:26

Cara Mengobati Kucing yang Cacingan & Harga Obat Cacing untuk Kucing

Cara mengobati kucing yang cacingan + harga obat cacing kucing - Sama halnya dengan manusia, kucing di rumah yang kita sayangi juga bisa terserang penyakit cacingan. Kucing yang terkena cacingan akan mengalami masalah pada pencernaannya. Seperti jamur, penting juga bagi pemilik kucing untuk selalu waspada apabila kucing di rumah mengalami masalah cacingan, agar bisa segera mendapatkan penanganan yang layak.

Sebagai pemilik tentunya kita tidak ingin kucing kita berlama-lama sakit cacingan, karena kucing yang menderita cacingan nafsu makannya akan turun dan sering mengalami diare atau muntah secara berlebihan, hal ini akan membuat berat badan kucing lama kelamaan menjadi kurus dan terlihat tidak lucu lagi.

Jenis Cacing yang Menyerang Kucing

Sebelum mengetahui cara mengobati kucing yang terkena penyakit cacingan, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu jenis cacing yang biasa menyerang pada kucing. Cacing yang menyerang pada kucing terdiri dari beberapa jenis, tidak hanya satu saja, sehingga penting bagi Anda sebagai pemilik kucing untuk memahami jenis cacing yang sedang menyerang kucing Anda.

Cacing Gelang Pada Kucing

Cacing gelang pada kucing merupakan satu dari 2 jenis cacing yang menyebabkan masalah cacingan pada kucing. Cacing gelang yang menyerang kucing anakan bisa memberikan efek yang serius karena anak kucing yang sudah terserang cacing gelang akan mengakibatkan perutnya membuncit, mengalami diare yang disertai dengan bercak darah serta kekurangan gizi. Meskipun begitu, cacing gelang yang menyerang pada kucing dewasa tidak terlalu menimbulkan masalah yang serius.

Cacing Pita Pada Kucing

Cacing pita merupakan jenis cacing yang bisa menyebabkan penyakit cacingan pada kucing. Jenis cacing ini apabila menyerang kucing bisa menyebabkan diare yang bahkan berujung pada berak darah. Penanganan yang terlambat bisa menyebabkan usus kucing mengalami infeksi dan penyumbatan usus, sehingga usus kucing kesulitan dalam mencerna asupan gizi hingga kucing menjadi kurus.

Kucing Dan Cacing

Tanda-Tanda Kucing Mengalami Cacingan

Kucing yang terserang penyakit cacingan biasanya disertai dengan tanda-tanda yang terjadi pada tubuhnya. Mengenali lebih awal tanda-tanda kucing yang terkena cacingan, akan membantu kita untuk bisa memberikan penanganan lebih dini dan layak pada kucing kesayangan kita di rumah. Berikut tanda-tanda kucing yang mengalami cacingan.

  • Kucing suka menjilati daerah genitalnya
  • Kucing sering batuk terus-menerus
  • Terdapat darah di dalam tinja kucing
  • Pup kucing berbentuk seperti beras (biasa terlihat di sekitar anus kucing)
  • Kucing mengalami muntah-muntah (bukan hairball)
  • Kucing mengalami penurunan berat badan secara drastis
  • Kucing sering mengalami diare atau mencret
  • Kucing menderita penyakit pneumonia (gangguan sistem pernafasan)
  • Kucing sering mengalami sesak nafas
  • Nafsu makan tidak stabil
  • Kucing terlihat malas, lesu dan tidak energetik
  • Kucing mengalami iritasi di daerah genitalnya sehingga sering merasa gatal di area tersebut
  • Bulu kucing akan terlihat lebih kusam dibandingkan dikala masih sehat dan terjadi kerontokan
  • Kucing bisa mengalami anemia
  • Perut kucing membuncit

Ciri-Ciri Kucing yang Mengalami Cacingan

Selain tanda-tanda kucing dirumah mengalami cacingan, ada beberapa ciri khas yang bisa Anda temukan pada seekor kucing yang terserang penyakit cacingan. Dengan mengenali ciri-ciri tersebut, diharapkan Anda menjadi lebih mawas diri dan segera memberikan penanganan terhadap kucing kesayangan Anda dirumah. Berikut ciri-ciri kucing yang terserang cacingan.

  • Apabila Anda mendapati kucing Anda sering merasa haus, maka bisa jadi kucing Anda tengah terserang penyakit cacingan
  • Badan kucing yang kurus dan perut membuncit menjadi ciri kedua yang bisa menjadi pertanda awal bahwa kucing di rumah cacingan
  • Perhatikan juga apabila kucing sering mengalami mencret atau diare, yang mana hal ini bisa menjadi ciri kucing yang terserang cacingan
  • Nafsu makan yang turun atau malah tidak mau makan turut menjadi ciri seekor kucing yang mengalami cacingan atau kucing tetap mau makan banyak namun badannya tidak kunjung gemuk (masih terus kurus)
  • Kucing mengalami muntah-muntah dan apabila pup akan keluar cacing. Apabila hal ini terjadi, maka hal tersebut menjadi pertanda yang jelas bahwa kucing kesayangan Anda terserang penyakit cacingan

Penyebab Kucing Cacingan

Cacing yang menginfeksi kucing tidak serta merta datang dan kemudian menyerang kucing kesayangan kita di rumah. Ada beberapa penyebab kenapa cacing bisa masuk kedalam tubuh kucing dan menyebabkan masalah kesehatan pada kucing. Berikut ini beberapa penyebab penyakit cacingan yang menyerang kucing.

  • Salah satu penyebab utama cacing pita bisa masuk dan menginfeksi kucing adalah dari telur cacing pita yang ada pada kutu yang termakan kucing. Telur kemudian menetas menjadi cacing pita dewasa dan menyebabkan infeksi di dalam usus kucing
  • Telur cacing pita juga bisa masuk kedalam tubuh kucing saat kucing menjilati atau melukai tubuhnya karena mencakar dirinya sendiri
  • Cacing pita juga bisa masuk kedalam tubuh kucing saat kucing makan daging mentah, ayam mentah, ikan mentah yang sudah terdapat telur cacing pita didalamnya
  • Tempat tidur kucing dan tempat tidur kucing yang kotor juga bisa menjadi penyebab masuknya cacing ke tubuh kucing
  • Kutu kucing yang banya terdapat pada karpet atau bagian rumah yang lain juga menjadi penyebab masuknya cacing pita kedalam tubuh kucing

Cara Mengobati Kucing yang Cacingan (Obat Cacing untuk Kucing)

Untuk bisa mengatasi penyakit cacingan yang menyerang kucing kesayangan Anda di rumah, Anda bisa menggunakan obat-obatan khusus untuk menyembuhkan penyakit cacingan pada kucing. Jenis obat-obatan ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di apotek terdekat. Dari jenisnya, obat cacingan pada kucing berbentuk tablet atau cair. Berikut beberapa contoh obat cacingan untuk kucing yang dijual di apotik.

Vermox

Vermox yang digunakan untuk mengatasi penyakit cacingan pada kucing mengandung mebendazole yang berfungsi dalam membantu menyingkirkan cacing pita dan cacing gelang yang ada di dalam tubuh kucing. Obat ini mudah dijumpai dan bisa Anda dapatkan di petshop atau apotik terdekat.

Combantrin (Prizer)

Meskipun merk Combantrine merupakan obat cacing yang diperuntukkan bagi manusia, namun obat ini juga cukup efektif saat digunakan untuk membantu mengatasi penyakit cacingan pada kucing. Combantrine mengandung zat Pyrantel yang berguna dalam membasmi cacing gelang di dalam tubuh kucing.

Drontal Cat (Bayer)

Obat Drontal Cat produksi Bayer merupakan salah satu obat apotik yang ampuh untuk membantu menyembuhkan kucing yang mengalami cacingan. Kandungan di dalamnya yang berupa pyrantel dan prazyquantel bisa membunuh cacing pita dan cacing gelam yang membandel di dalam tubuh kucing. Obat ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di petshop langganan Anda.

Drontal Plus (Bayer)

Drontal Plus juga bisa menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi kucing cacingan. Meskipun obat ini lebih sering digunakan pada anjing, namun dengan dosis yang tepat, Drontal Plus mampu membasmi cacing di dalam tubuh kucing. Obat memiliki kandungan febantel, prazyquantel dan pryrantel, namun harap berhati-hati untuk tidak memberikan obat ini pada kucing yang sedang hamil, karena kandungan febantel di dalamnya bisa menyebabkan calon anak kucing cacat.

Selalu baca petunjuk penggunaan obat cacingan pada kucing sebelum mengaplikasikannya pada kucing di rumah. Untuk petunjuk yang lebih jelas, Anda bisa menanyakannya ke dokter hewan langganan Anda.

Sekian artikel kami kali ini mengenai cara merawat atau mengobati kucing yang terkena cacingan, disertai dengan ciri-ciri yang sering dialami kucing cacingan dan penyebab-penyebabnya. Semoga dengan adanya artikel ini, bisa membantu Anda mengerti lebih jauh tentang penyakit cacingan pada kucing dan bisa memberikan penanganan yang baik sebelum cacing berkembang biak terlalu banyak dan menyebabkan kucing menderita.

Kucing Anda cacingan? Artikel berikut ini membahas tentang ciri-ciri kucing yang cacingan, tanda-tanda kucing terkenca penyakit cacing, cara mengobati kucing yang cacingan serta harga obat cacing untuk kucing yang ampuh. Category: Kesehatan Kucing, Perawatan Kucing. Tagged with: , , .

Terms: menyembuhkan kucing cacingan demgan obat alami, obat cacing alami kucing, tanda2 kucing yg cacingan, penyebab kotoran kucing ada cacingnya, harga obat cacing kucing vermox, obat cacing alami untuk kucing imut, obat cacing untuk kucing kampung, harga obat cacing kucing anggora, anak kucing muntah cacing pita, kotoran kucing ada cacing, obat cacing kucing drontal, cara memberikan obat cacing drontal pada kucing, anak kucing muntah cacing putih abu, cara mengobati kucing yang cacingan & harga obat cacing untuk kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!