Tuesday, 25 July 2017 03:36:56

Ini 8 Jenis Kucing Persia dan Ciri-cirinya

Ini 8 jenis kucing persia beserta ciri-cirinya - Memelihara kucing di rumah untuk menjadi teman bermain tentu menyenangkan. Nah, diantara beberapa jenis kucing, salah satu jenis yang populer untuk dipelihara adalah jenis Kucing Persia. Kucing lucu dengan penampilan yang khas ini selalu pintar dalam menarik perhatian manusia. Fisiknya yang unik dan berbeda dari jenis kucing lain, membuat jenis Kucing Persia memiliki banyak peminat dari dalam dan luar negeri.

Jenis-jenis Kucing Persia yang Wajib Diketahui

Berbeda dengan Kucing Anggora, Kucing Persia pada umumnya memiliki karakteristik berupa mata dan kepala yang bulat dan telinga yang kecil. Pada bagian pipinya menyembul, sehingga terlihat chubby dan terkesan lucu. Ada 8 jenis Kucing Persia yang banyak dipelihara di rumah-rumah. Berikut ini 8 jenis Kucing Persia yang paling populer di dunia.

Kucing Persia Himalaya

Jenis Kucing Persia Himalaya bisa disebut sebagai salah satu jenis yang paling unik. Hal ini disebabkan karena tubuh Kucing Persia Himalaya memiliki perpaduan pola antara Kucing Persia dan Kucing Siam (Siamese Cat) atau disebut juga sebagai colorprint.

Gambar Kucing Persia Himalaya Lucu

Gambar Kucing Persia Himalaya Lucu

Untuk ciri khasnya sendiri, jenis kucing ini memiliki warna hitam pada bagian telinga, ekor, hidung dan ujung-ujung kaki. Diluar bagian tubuh tersebut, warna bulunya putih dari bagian badan hingga leher.

Kucing Persia Flatnose

Seperti namanya, jenis Kucing Persia yang satu ini mendapatkan julukan tersebut karena kondisi hidungnya yang pesek. Namun, justru karena kondisi tersebut, jenis Kucing Persia Flatnose terlihat lucu dan menggemaskan, ditambah dengan bentuk bagian pipinya yang gembul, jenis Kucing Persia Flatnose disebut mirip dengan boneka.

Foto Kucing Persia Flat Nose

Foto Kucing Persia Flat Nose

Kucing Persia Peaknose

Diantara beberapa jenis Kucing Persia, jenis Kucing Persia Peaknose merupakan salah satu yang paling banyak digemari. Hampir mirip dengan Kucing Persia Flatnose, kucing ini memiliki hidung yang lebih pesek, namun terlihat sangat menarik.

Kucing Persia Peak Nose Imut

Kucing Persia Peak Nose Imut

Bahkan semakin pesek hidungnya, maka harganya diklaim semakin mahal. Dalam banyak kesempatan perlombaan kucing, jenis kucing ini juga sering menjadi juara

Kucing Persia Medium

Jenis kucing Persia Medium juga banyak dikenal dengan nama kucing persia modern. Jenis kucing persia ini berasal dari peranakan kucing persia yang sudah mengalami beberapa persilangan.

Foto Kucing Persia Medium

Foto Kucing Persia Medium

Oleh karena itu, bentuk tubuhnya cukup berbeda dengan jenis kucing persia yang lain, seperti misalnya ukuran badannya yang tanggung dengan panjang bulu yang tidak terlalu lebat layaknya kucing persia lainnya. Sebagian besar bulu tubuhnya berwarna putih bersih namun ada juga yang memiliki sedikit warna coklat pada tubuhnya.

Kucing Persia Tradisional

Jenis Kucing Persia tradisional merupakan jenis Kucing Persia yang asli, dimana mereka berasal dari peranakan Kucing Persia original dengan Kucing Persia original lainnya. Ciri-cirinya diantaranya memiliki kesan wajah yang datar dan seolah tanpa ekspresi (seperti boneka). Memiliki bulu yang cukup lebat dan panjang, namun hidungnya tidak pesek dan cenderung normal laiknya kucing pada umumnya.

Kucing Persia American Shorthair

Jenis kucing ini lahir dari hasil persilangan antara kucing lokal dengan Kucing Persia, sehingga menghasilkan jenis kucing persia yang memiliki ekor pendek dan corak tubuh yang sama dengan kucing lokal. Namun, untuk ukuran tubuhnya hampir sama dengan kucing persia pada umumnya, yakni pendek dan sedikit berisi.

Yang unik dari jenis Kucing Persia American Shorthair adalah ekspresi mukanya yang terlihat seperti kucing yang bengal dengan mata yang berukuran besar. Kumisnya jarang namun panjang, sementara ukuran hidungnya terlihat cukup pesek.

Kucing Persia Mini

Kucing Persia Mini memiliki keunikannya tersendiri karena ukurannya yang mini atau “kecil”. Banyak pula yang menyebut jenis kucing ini dengan mana Kucing Persia Tea Cup size. Julukan ini disematkan karena ukurannya yang hanya sebesar cangkir teh dari porselen.

Foto Kucing Persia Tea Cup Lucu

Foto Kucing Persia Tea Cup Lucu

Bentuk tubuh yang kecil ini merupakan hasil dari persilangan turunan lebih dari 5 kali, hingga pada akhirnya sistem genetika pada tubuhnya membentuk ukuran yang tidak wajar.

Kucing Persia Chinchilla Longhair

Jenis Kucing Persia Chinchilla Longhair lahir dari persilangan sterling antara Kucing Persia yang berbeda. Ciri-cirinya antara lain memiliki bulu yang panjang dengan warna yang dominan perak atau emas. Ukuran hidungnya cukup mancung dengan kumis yang panjang. Pada beberapa kasus, ada Kucing Persia Chinchilla Longhair yang memiliki mata berwarna hijau atau biru.

Apakah Kucing Persia Termahal di Indonesia?

Diantara jenis Kucing Persia diatas, jenis yang paling populer dan paling mahal harganya adalah kucing persia peaknose, dimana untuk anak kucingnya yang berusia 3 bulan saja bisa dihargainya 3 sampai 3.5 juta rupiah. Biasanya pada saat pipinya mulai menggembul, hidungnya menjadi lebih pesek dan tubuhnya agak besar, harganya juga semakin mahal. Kemudian faktor lain yang menyebabkan harga kucing persia semakin mahal adalah seringnya kucing tersebut memenangi banyak kompetisi kucing. Semakin sering menang, maka besar kemungkinan harganya semakin mahal.

Mengulas jenis-jenis kucing persia yang meliputi kucing persia peak nose, kucing persia flat nose, kucing persia himalaya, kucing persia medium dan lain sebagainya. Category: Jenis Kucing. Tagged with: , , .

Terms: kucing persia, kucing persia flatnose longhair, kucing persia peaknose extrem, kucing persia flatnose abu abu, kucing persia flatnose calico, gambar kucing persia peaknose, jenis kucing persia long hair, kucing persia himalaya betina, kucing persia himalaya abu abu, jenis kucing persia medium dan harganya, harga anakan kucing persia peaknose, ini 8 jenis kucing persia dan ciri-cirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!