Friday, 22 September 2017 18:27:02

Kucing Bengal: Sejarah, Ciri-ciri dan Harga yang Wajib Diketahui

Harga, ciri-ciri & sejarah kucing bengal yang wajib diketahui!!! - Kucing bengal atau disebut juga kucing blacan merupakan salah satu kucing hutan eksotis yang banyak diminati orang untuk dipelihara di rumah. Kucing ini banyak dijumpai di California, sebuah kawasan di Amerika Serikat dan merupakan hasil persilangan dari kucing American Shorthair dengan kucing Asian Leopard.

Foto Kucing Bengal

Foto Kucing Bengal

Dengan ciri fisik berupa susunan otot yang kuat yang ditunjang dengan tubuh yang panjang, Kucing Bengal memiliki daya tarik tersendiri, selain itu bulunya yang rapat, tebal dan halus serta corak bulu tubuhnya yang khas membuatnya kian diminati banyak orang selain kucing-kucing eksotis lainnya seperti kucing Anggora dan Persia.

Sejarah Kucing Bengal

Dr. Centerwall, seorang ahli genetika di California Amerika Serikat, memulai melakukan eksperimen untuk mendapatkan kucing domestik yang memiliki pola spotted wild cat. Demi mendapatkan keinginannya, beliau kemudian mengawinkan kucing American Shorthair dengan kucing Asian Leopard, untuk kemudian anak betina hasil perkawinan silang tersebut dikawinkan lagi dengan ayahnya hingga kemudian didapatkan ras baru yakni Kucing Bengal. Nama Bengal sendiri didapatkan dari bahasa latin yakni felinebengalenis atau banyak juga disebut sebagai Bengal Tiger Cat.

Ciri-ciri Kucing Bengal

Pada umumnya, Kucing Bengal memiliki bentuk tubuh yang besar dan gagah. Hal ini didapatkan karena mereka mendapatkan sifat dan ciri genetik dari nenek moyangnya, yakni kucing liar. Kucing Bengal jantan memiliki berat badan yang mencapai 10 kg, sedangkan untuk Kucing Bengal betina memiliki berat badan berkisar pada 4 hingga 5 kg.

Gambar Kucing Bengal Lucu dan Aktif

Gambar Kucing Bengal Lucu dan Aktif

Untuk membedakan Kucing Bengal asli dengan jenis kucing lain, kita perlu mengetahui beberapa ciri-ciri yang terdapat pada seekor Kucing Bengal yang asli. Berikut ini ciri-ciri fisik dari Kucing Bengal yang perlu Anda ketahui:

Kepala Kucing Bengal

Ciri fisik yang pertama dari Kucing Bengal adalah bagian kepalanya yang terlihat besar dan berukuran cukup panjang, meskipun jika dibandingkan dengan ukuran tubuhnya masih relatif kecil. Kucing ini dibekali dengan leher yang besar dan berotot dengan proporsi yang seimbang dengan ukuran kepalanya.

Gambar Kucing Bengal Asli

Gambar Kucing Bengal Asli

Hidung Kucing Bengal terlihat besar dan lebar dengan kulit hidung yang berwarna merah disertai garis luar hitam. Bentuk telinga Kucing Bengal tergolong unik karena berbentuk runcing ke atas, sedangkan untuk bagian mata biasanya berwarna hijau atau amber dengan ukuran yang lebar dan bulat.

Badan Kucing Bengal

Umumnya Kucing Bengal memiliki bentuk tubuh yang lebih panjang dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Selain itu, bentuk tubuh Kucing Bengal terlihat atletis dengan berat badan yang ideal serta ekor yang panjang.

Bulu Kucing Bengal

Kucing Bengal dianugerahi pola warna pada bulu yang unik dan eksotis yakni berwarna coklat (cinnamon) dengan totol-totol berwarna kehitaman di seluruh bagian tubuhnya. Mereka juga memiliki garis hitam memanjang (horizontal) di bagian pundaknya dan memiliki ujung ekor dengan ornamen lingkaran berbentuk cincin dengan warna gelap.

Karakteristik Kucing Bengal

Selain ciri-ciri fisik yang terdapat pada Kucing Bengal, jenis kucing ini ternyata juga memiliki karakteristik yang unik dan berbeda jika dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Berikut ini karakteristik yang banyak terdapat pada Kucing Bengal:

Kucing Bengal Tergolong Hewan yang Aktif

Bagi Anda pecinta kucing dan senang memiliki kucing untuk teman bermain yang aktif, maka Kucing Bengal bisa menjadi pilihan yang tepat. Pada dasarnya, Kucing Bengal memiliki sifat yang aktif dan cerdas. Apabila mereka dilatih dengan baik dan rutin, mereka sanggup memecahkan permainan yang banyak digunakan oleh anjing. Anda bisa melatih mereka dengan jenis permainan lain yang bisa membantu mereka lebih pintar dari kucing yang lain.

Kucing Bengal Tidak Takut Air

Jika pada banyak jenis kucing lain yang tidak menyukai air, maka hal berbeda justru terjadi pada Kucing Bengal. Mereka memiliki sifat dasar yang tidak keberatan jika tubuhnya basah kuyup karena air, sedangkan jenis kucing lain mungkin sudah lari jika terkena percikan air saja seperti pada Kucing Persia dan Anggora. Kucing-kucing Bengal yang dipelihara di rumah bahkan sangat suka mandi dan berendam bersama dengan majikannya.

Masalah Kesehatan yang Mungkin Menyerang Kucing Bengal

Kucing Bengal asli maupun Kucing Bengal persilangan memiliki beberapa kecenderungan masalah kesehatan yang bervariasi yang disebabkan oleh genetik. Meskipun pada umumnya Kucing Bengal adalah jenis kucing yang dianugerahi kesehatan yang baik, namun beberapa jenis penyakit dibawah ini bisa saja menyerang Kucing Bengal, diantaranya:

  • Distal Neuropathy yang merupakan penyakit gangguan sistem syaraf yang bisa menyebabkan tubuhnya lemah. Penyakit ini bisa menyerang Kucing Bengal yang masih berusia 1 tahun, namun banyak dari mereka yang terserang penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya, meskipun ada juga yang harus berakhir dengan kematian
  • Sindrom Flat-chested kitten yang bisa menyerang kucing dari sakit ringan hingga parah
    Hip dysplasia atau Displasia Pinggul merupakan jenis penyakit yang bisa menyerang Kucing Bengal dan dalam kasus tertentu bisa menyebabkan kepincangan
  • Hypertrophic cardiomyopathy adalah penyakit yang berkaitan dengan jantung Kucing Bengal yang diwariskan dari beberapa jenis keturunan
  • Patellar luxation merupakan jenis penyakit dislokasi pada tempurung lutut Kucing Bengal, mulai dari yang ringan hingga parah. Untuk kasus yang sudah parah, maka operasi bisa menjadi jalan keluar untuk meringankannya
  • Progressive retinal atrophy atau penyakt degeneratif yang menyerang mata Kucing Bengal

Harga Kucing Bengal

Ras Kucing Bengal asli merupakan salah satu jenis kucing yang masih sedikit jumlahnya di Indonesia, maka tidak heran jika harganya juga mahal. Bagi Anda pecinta kucing yang ingin memelihara jenis kucing ini di rumah, maka Anda perlu merogoh kocek sekitar 10 hingga 40 jutaan untuk mendapatkan Kucing Bengal dewasa. Namun jika dana yang dimiliki terbatas, maka Anda bisa membeli keturunan campuran dari Kucing Bengal yang dijual pada kisaran harga 200 ribu hingga 500 ribu rupiah untuk anak Kucing Bengal yang berusia 3 bulanan.

Kucing Bengal Australia

Kucing Bengal Australia

Jika sudah memiliki Kucing Bengal di rumah, maka Anda perlu memperhatikan perawatan pada bulunya. Bulu tubuh Kucing Bengal perlu disisir dengan sikat khusus yang halus sesering mungkin, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerontokan dan kerusakan bulu tubuh Kucing Bengal.

Sedang menginginkan kucing bengal? Berikut ini artikel yang mengulas lengkap tentang kucing bengal baik ciri-ciri, sejarah hingga harga kucing bengal asli. Category: Jenis Kucing. Tagged with: , , , .

Terms: makanan baik untuk kucing bengal, harga kucing bengal, jual kucing bengal jawa tengah, harga kucing bengal 2017, kucing bengal kaskus indonesia, gambar kucing bengal untuk dijual, harga kucing bengal kaskus, harga kucing bengal anakan, harga kucing bengal di bandung, harga kucing bengal indonesia, kucing bengal: sejarah, ciri-ciri dan harga yang wajib diketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!