Wednesday, 23 August 2017 05:33:32

Kucing Persia Himalaya: Harga, Sejarah & Ciri-cirinya

Kucing persia himalaya: ciri-ciri, harga & cara merawatnya - Kucing Himalaya atau Persia Himalaya merupakan salah satu kucing yang populer di mata penggemar kucing. Jenis kucing ras persia yang unik ini memiliki daya tarik yang sulit untuk dihindari, sehingga banyak penggemar kucing memeliharanya di rumah. Penampilannya yang eksotik dengan bulu yang cantik dan menawan, membuatnya selalu menarik untuk dipandang.

Salah satu ciri khas yang menarik dari Kucing Persia Himalaya adalah mata yang berwarna biru dan Point Coloration dimana tubuh kucing memiliki warna putih atau pucat dengan bagian-bagian tertentu berwarna lebih hitam (bagian wajah, telinga, kaki, dan ekor). Keunikan ini didapatkan Kucing Himalaya karena hasil persilangan dari Kucing Persia dengan Kucing Siam (Siamese).

Sejarah Kucing Himalaya

Menilik ke belakang untuk melihat bagaimana sejarah Kucing Himalaya mulai lahir dan dikembang-biakkan. Kucing ini lahir berkat persilangan antara Kucing Persia dengan Kucing Siam. Bisa dikatakan bahwa Kucing Persia Himalaya bukanlah keturunan alami dari Kucing Persia ataupun Kucing Siam. Kucing Persia Himalaya lahir berkat campur tangan manusia yang menyilangkan kedua jenis keturunan alami tersebut untuk mendapatkan mata biru dan Point Coloration (titik warna pada tubuh kucing) dari Kucing Siam.

Foto Kucing Persia Himalaya Lucu

Foto Kucing Persia Himalaya Lucu

Pada tahun 1931, para peternak kala itu mulai melakukan eksperimen untuk mengetahui bagaimana Point Coloration diturunkan/diwariskan. Seorang peneliti bernama Clyde Keeler pada akhirnya berhasil mengembangkan jenis kucing berbulu panjang dengan titik warna dari Kucing Siam melalui pembiakan yang selektif selama beberapa tahun. Kucing pertama dari spesies Kucing Persia Himalaya dinamakan Newton’s Debutante.

Ciri-Ciri Kucing Himalaya

Kucing Persia Himalaya yang merupakan persilangan dari Kucing Persia dan Kucing Siam pada umumnya memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan Kucing Persia. Wajah yang datar menjadi ciri khas dari kucing ini, dan ditopang dengan bentuk tubuh yang besar dan gagah. Mereka juga dikenal sebagai kucing dengan komposisi tulang yang kuat, sehingga membentuk masa tubuh yang besar juga, yakni berkisar antara 4 hingga 6 kg.

Pada bagian kepala, jenis kucing ini memiliki bentuk kepala yang bulat dengan hidung yang pesek sebagai ciri khas. Kucing Himalaya dikategorikan menjadi 2 jenis, yakni tradisional dan ekstrim. Kucing Himalaya Tradisional memiliki penampilan bentuk tubuh yang mirip dengan nenek moyangnya, dengan bagian wajah yang tidak terlalu datar serta bagian hidung yang sedikit lebih rendah. Sedangkan Kucing Himalaya Ekstrim memiliki wajah yang datar dengan kemungkinan memiliki masalah dengan pernafasan.

Gambar Kucing Persia Himalaya

Gambar Kucing Persia Himalaya

Bagian muka Kucing Himalaya memiliki perpaduan warna putih dan coklat, yang ditopang dengan leher yang pendek. Pada area telinga, warnanya biasanya lebih gelap dengan bentuk ujung yang sedikit lebih runcing. Sedangkan untuk matanya sendiri berbentuk bulat.

Kucing Himalaya memiliki bulu mantel yang panjang, tebal dan mengkilap dengan tekstur yang halus dan menutupi hampir di seluruh bagian tubuhnya. Jenis Kucing Himalaya memiliki color point dengan kombinasi warna-warna seperti coklat, seal, ungu, biru, merah, krim, biru krim dan beberapa warna lain.

Kepribadian Kucing Himalaya

Kucing Himalaya pada umumnya memiliki kepribadian yang jinak dan tenang. Mereka akan dengan mudah duduk di pangkuan seseorang dan merasa nyaman untuk berlama-lama menikmati momen tersebut. Mereka juga akan dengan senang hati bermain-main dengan anak-anak yang akan menyisir bulu tubuhnya dengan lembut dan menyukai mainan-mainan yang menarik.

Foto Kucing Himalaya Lucu & Imut

Foto Kucing Himalaya Lucu & Imut

Kucing Himalaya bukanlah kucing yang menyukai tempat yang bising. Mereka lebih menyukai lingkungan rumah yang tenang dan tidak berisik. Jenis kucing ini juga bukanlah jenis kucing yang akan dengan mudah melompat ke tirai di rumah Anda ataupun memanjat di bagian atas dapur. Mereka juga senantiasa menghindari bagian atas kulkas Anda di rumah. Tidak seperti Kucing Hutan, mereka lebih memilih tempat-tempat yang mudah untuk mereka jangkau, mulai dari lantai hingga furnitur-furnitur dalam rumah yang tidak terlalu tinggi.

Masalah Kesehatan Kucing Himalaya yang Perlu Diperhatikan

Baik kucing peranakan asli maupun kucing persilangan memiliki beberapa kecenderungan masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang kemungkinan muncul pada jenis kucing ini banyak berkaitan dengan bentuk atau struktur wajahnya. Berikut beberapa masalah kesehatan yang mungkin dihadapi oleh Kucing Himalaya:

  • Mengalami kesulitan bernafas atau bernafas dengan suara yang berisik yang disebabkan oleh ukuran hidung yang kecil
  • Dental malocclusions
  • Masalah kesehatan pada mata. Seperti entropian, mata cherry dan atrofi retina yang progresif
  • Feline hyperesthesia syndrome atau gangguan sistem syaraf
  • Sensitif pada panas
  • Polycystic kidney disease
  • Memiliki kecenderungan untuk mudah terserang kurap dan infeksi jamur
  • Seborrhea oleosa, atau penyakit yang menyebabkan gatal-gatal, kemerahan dan bisa menyebabkan kerontokan.

Cara Merawat Kucing Himalaya

Salah satu hal terpenting dalam merawat jenis Kucing Himalaya adalah untuk selalu memperhatikan masalah grooming. Bulu tubuh yang panjang dan tebal sangat mudah untuk menempelnya debu, sehingga perlu untuk membersihkannya/ menyisirnya setiap hari. Selain itu, jadwalkan untuk memandikannya rutin, setidaknya dalam 1 bulan sekali.

Foto Kucing Himalaya Kitten Lucu

Foto Kucing Himalaya Kitten Lucu

Perhatikan juga litter box yang digunakan kucing, sebaiknya cek secara berkala litter box dan upayakan untuk selalu bersih, karena bisa jadi litter box akan cepat penuh dengan bulu dan kuku kucing. Jika litter box berada dalam kondisi penuh, maka besar kemungkinan kucing tidak mau menggunakannya lagi.

Keluar air mata berlebihan (excessive tearing) juga bisa menjadi masalah, oleh karena itu upayakan untuk membersihkan bagian sudut mata kucing secara berkala untuk menghindari pembentukan noda di bawah mata kucing. Sikat gigi kucing dengan rutin (bisa setiap hari atau minimal 1 minggu sekali) untuk menghindari penyakit Periodontal.

Harga Kucing Himalaya Persia Asli

Bagi Anda yang berminat untuk memelihara Kucing Himalaya dirumah, maka untuk bisa mendapatkan anak Kucing Himalaya berusia 2,5 bulan hingga 3 bulan, Anda perlu mengeluarkan dana sekitar 800 ribu sampai 1,5 juta rupiah. Apabila ingin membeli indukannya (usia 2 hingga 3 tahun), maka dana yang perlu disiapkan berkisar antara 1,8 juta hingga 2,5 juta rupiah. Harga yang dipatok memang tergolong mahal, namun sesuai dengan kesenangan yang akan Anda dapatkan saat memilikinya, dan yang perlu Anda perhatikan saat membeli kucing baru adalah untuk melihat kondisi kesehatan kucing terlebih dahulu, jangan sampai membeli “kucing dalam karung”.

Pernah mendengan tentang kucing persia hilamaya? Kucing yang satu ini memang sangat lucu & menggemaskan, bagi Anda yang tertarik untuk memelihara persia himalaya, berikut ini ulasannya. Category: Jenis Kucing. Tagged with: , , .

Terms: harga kucing himalaya umur 4 bulan, harga kucing himalaya umur 37, cara merawat kucing himalaya, bulu kucing himalaya rontok, makanan kucing himalaya, harga kucing persia himalaya umur 1 tahun, cara merawat kucing ras himalayan, harga kucing anggora himalaya, cara merawat kucing persia himalaya, harga kucing himalaya umur 30, kucing persia himalaya: harga, sejarah & ciri-cirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!