Friday, 24 November 2017 17:13:38

12 Penyebab dan Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Penyebab bulu kucing mudah rontok & cara mengatasinya - Bulu kucing merupakan salah satu bagian tubuh kucing yang penting. Selain berfungsi sebagai penghangat tubuh, bulu kucing juga tampil sebagai hiasan dan mempercantik penampilan si kucing. Apabila kucing kesayangan kita di rumah memiliki bulu tubuh yang sehat dan terawat, tentu akan menyenangkan untuk dilihat dan dielus-elus. Namun alangkah sedihnya kita, jika bulu kucing peliharaan kita di rumah mengalami kerontokan.

Bagi Anda yang memiliki kucing Persia atau Anggora di rumah, tentu bulu tubuh kucing yang sehat dan terawat akan membuat Anda bahagia dan senang memandangnya berlama-lama. Sebaliknya jika bulu tubuh kucing rontok, maka kucing bisa berkurang kelucuannya dan kucing akan tampak tidak bahagia.

Kerontokan pada bulu kucing sebenarnya terbilang lumrah untuk anak kucing berusia 4 hingga 5 bulan karena mengalami pergantian bulu, namun untuk kucing dewasa, kerontokan bulu bisa menjadi awal sebuah bencana dan apabila tidak segera diberikan penanganan yang baik, bulu kucing bisa mengalami kebotakan. Maka, meskipun terlihat ringan, kerontokan bulu kucing tidak bisa dianggap remeh.

Penyebab Bulu Kucing Rontok

Kerontokan pada bulu kucing merupakan salah satu masalah perawatan dan kesehatan yang sering dijumpai pada kucing. Ada beberapa sebab alami dan ada pula sebab non alami yang bisa menyebabkan kerontokan pada bulu kucing. Dengan mengetahui penyebab kerontokan, kita bisa menjadi tahu apa yang salah dan memperbaikinya agar tidak terulang kembali. Berikut beberapa penyebab terjadinya kerontokan pada bulu kucing.

Foto Kucing Lucu Berbulu Lebat

Kurang Gizi

Seekor kucing yang mengalami kekurangan gizi dalam tubuhnya, maka bisa menyebabkan kerontokan. Beberapa vitamin penting seperti vitamin A dan E sangat dibutuhkan bagi kucing untuk menjaga bulunya tetap sehat. Kekurangan kedua jenis vitamin tersebut akan meningkatkan resiko kucing mengalami kerontokan bulu.

Sudah Waktunya Rontok

Faktor alami yang bisa menyebabkan bulu kucing rontok ini biasanya menyerang anak kucing berusia 4 hingga 5 bulan. Kucing yang sedang hamil atau sedang birahi juga rentan mengalami kerontokan bulu. Selain itu, biasanya kerontokan juga merupakan hal yang normal terjadi setahun sekali pada seekor kucing, namun hal ini biasanya diiringi dengan pertumbuhan bulu yang baru dengan cepat.

Salah Menggunakan Produk Mandi

Faktor non alami ini bisa disebabkan kita sebagai pemilik kucing kurang tepat dalam memilih shampo untuk mandi kucing. Shampo yang tidak cocok bisa menyebabkan kucing mengalami kerontokan bulu, oleh karena itu ada baiknya untuk tidak menggunakan produk shampo kucing yang banyak mengeluarkan busa, karena ditengarai banyak mengandung deterjen di dalamnya. Penggunaan produk mandi yang tidak cocok akan menyebabkan bulu kucing mengalami iritasi dan kemudian rontok.

Kelebihan Vitamin

Jika defisiensi vitamin A dan E bisa menyebabkan kerontokan pada bulu kucing, maka kelebihan vitamin dalam tubuh kucing pun juga berpotensi menyebabkan masalah kerontokan. Overdosis vitamin pada kucing bisa menyebabkan kulit kering, mengelupas, berkerak dan bulu rontok. Usahakan untuk memberikan berbagai vitamin pada kucing dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter hewan.

Suhu

Suhu juga merupakan faktor alami yang bisa mempengaruhi kerontokan pada bulu kucing. Ketika musim dingin tiba, maka bulu memberikan manfaat dengan membantu menghangatkan tubuh kucing, dan ketika suhu mulai panas maka bulu tubuh kucing mulai rontok untuk mengatur suhu tubuh dengan lebih baik dan kucing tidak kepanasan.

Alergi

Kucing peliharaan kita di rumah juga bisa mengalami alergi yang berujung pada kerontokan bulu. Alergi yang terjadi pada kucing bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti misalnya penggunaan obat, penggunaan vaksin yang kurang tepat ataupun parasit yang masuk kedalam tubuh kucing melalui makanan yang dimakan. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda segera membawa kucing ke dokter hewan.

Tungau

Tungau dari jenis demodex dan scabies merupakan 2 spesies yang banyak menyebabkan kerontokan bulu kucing. Tungau yang menginfeksi tubuh kucing akan membuat terowongan-terowongan kecil yang terlihat seperti lubang-lubang kecil di tubuh kucing. Apabila hal ini terus berlanjut, kulit kucing bisa mengalami infeksi dan menyebabkan bulu rontok.

Kutu dan Pinjal

Kutu dan Pinjal merupakan 2 jenis parasit yang senang bermukim di bulu dan kulit kucing. Mereka senantiasa mengambil nutrisi dari dalam tubuh kucing melalui kulit. Nutrisi yang hilang inilah yang menyebabkan kesehatan bulu tubuh kucing terganggu dan mudah mengalami kerontokan.

Pengobatan Tertentu

Kucing yang menjalani suatu pengobatan tertentu bisa menjadi penyebab terjadinya kerontokan bulu.

Jamur

Kondisi lingkungan tempat tinggal kucing dan tempat bermain kucing yang lembab serta bulu kucing yang panjang akan rentan terkena jamur. Jika sudah demikian, bulu tubuh kucing akan mudah rontok terkena jamur.

Stres

Kucing yang stres akan membuat pembuluh darahnya tidak bekerja dengan maksimal, hal ini akan membuat pengiriman nutrisi ke seluruh tubuh menjadi terhambat sehingga menyebabkan kucing menjadi kurang bergairah dan bulunya rontok.

Gambar Kucing Dengan Bulu Rontok

Penyakit Autoimunitas

Penyakit Autoimunitas merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh kucing yang mengalami gangguan. Penyakit ini terbilang kompleks dan sulit untuk menanganinya sendiri, oleh sebab itu segeralah periksakan ke dokter hewan langganan Anda untuk mendapatkan penanganan yang memadai.

Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok

Setelah mengetahui penyebab masalah kerontokan pada bulu kucing, maka untuk mengatasinya ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Berikut cara-cara mengatasi bulu kucing yang rontok:

Biarkan dan rawat seperti biasa

Cara penyembuhan ini dilakukan apabila kerontokan bulu pada kucing memang sudah waktunya, seperti yang banyak terjadi pada kucing betina yang hamil dan kucing yang sedang birahi. Rawatlah kucing seperti biasanya, karena kerontokan hanya bersifat temporer dan bisa sembuh dengan sendirinya.

Gunakan produk mandi yang cocok

Salah satu penyebab bulu kucing rontok adalah penggunaan produk mandi (shampo) kucing yang tidak cocok. Maka solusinya adalah mengganti produk tersebut dengan merk lain yang sudah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan agar mendapatkan hasil yang optimal.

Buat kucing merasa nyaman dan ajaklah bermain

Kucing yang stres akan mudah mengalami kerontokan pada bulunya, oleh karena itu apabila Anda mendapati kucing di rumah mulai ada tanda-tanda stress dan berperilaku tidak seperti biasanya, maka usahakan untuk membuat kucing tetap merasa nyaman dan ajaklah untuk bermain dan bercanda, agar stress kucing hilang dan terhindar dari resiko kerontokan.

Berikan vitamin dengan kadar yang sesuai

Vitamin penting untuk daya tahan tubuh kucing, namun terlalu banyak ataupun terlalu sedikit jumlahnya akan memberikan efek negatif terhadap kucing itu sendiri. Selayaknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan langganan Anda untuk mengetahui seberapa banyak konsumsi vitamin yang tepat untuk kucing kesayangan Anda di rumah.

Rutin memandikan kucing

Dengan rutin memandikan kucing, maka akan membantu menghilangkan parasit, tungau, jamur dan bakteri yang hinggap di bulu kucing. Bulu kucing yang bersih dan terawat akan membuat kucing relatif sehat dan aman dari ancaman kerontokan bulu.

Rutin menyisir bulu kucing

Selain memandikan dengan rutin, menyisir bulu kucing juga perlu dilakukan dengan teratur. Hal ini akan membantu kucing untuk melancarkan metabolisme kucing dan menghilangkan kutu dan tungau yang membandel.

Gunakan obat rontok bulu kucing

Cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kerontokan pada bulu kucing adalah dengan menggunakan obat yang bisa Anda dapatkan di apotik atau petshop terdekat. Usahakan untuk selalu baca aturan dan cara penggunaan dari setiap obat yang akan digunakan pada kucing agar terhindar dari overdosis obat yang berakibat negatif pada kucing.

Sunday, November 12, 2017. Bulu kucing yang rontok merupakan masalah yang sering dijumpai oleh para catlovers, nah berikut ini penyebab bulu kucing rontok & cara mengatasi bulu yang rontok pada kucing. Category: Perawatan Kucing. Tagged with: , , .

Terms: cara mengatasi bulu, cara mengatasi kucing yg bulunya rontok, obat alami bulu kucing rontok, cara menghilangkan kerontokan bulu kucing, masalah bulu kucing, obat bulu kucing rontok, penyebab bulu kucing per, bulu kucing rontok karena birahi, penyebab bulu kucing rontok berlebihan dalam, shampoo sulfur untuk kucing, cara merawat bulu kucing kampung, cara menumbuhkan bulu kucing yang botak seng, penyebab bulu kucing rontok berlebihan menggunakan, cara cepat menumbuhkan bulu kucing yang botak, 12 penyebab dan cara mengatasi bulu kucing rontok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!