Friday, 15 December 2017 22:28:49

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Penyebab & cara mengatasi kucing tidak mau makan, terbukti!!! - Memelihara kucing yang sehat, sering berlarian dan banyak makan tentu menjadi hal yang menyenangkan. Namun, akan menjadi masalah jika kucing di rumah tiba-tiba tidak mau makan. Kucing yang tidak mau makan bisa menyebabkan banyak masalah. Selain kurangnya nutrisi pada tubuh, kucing yang menghindari makan bisa mengalami kerusakan organ hati dan bahkan berujung pada kematian kucing.

Tentunya kita tidak ingin hal terburuk terjadi pada kucing kesayangan kita. Lantas, apa yang bisa kita lakukan? yang pertama adalah mengetahui penyebab kucing tidak mau makan. Kemudian setelah tahu, maka kita bisa mengambil solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Kucing tidak mau makan sebenarnya disebabkan oleh beberapa hal, namun jika dikelompokkan secara garis besar, maka berikut ini adalah beberapa hal yang berkaitan dengan penyebab kucing tidak mau makan.

1. Nafsu Makan

Ketika Anda selalu memberikan makanan kesukaan kucing tapi kucing tiba-tiba tidak mau makan, maka Anda patut curiga dengan nafsu makan si kucing. Jika kucing Anda terlihat sehat dan tidak ada tanda-tanda sakit, bisa jadi kucing Anda kekurangan vitamin.

Gambar Kucing Lucu Warna Coklat

2. Faktor Makanan

Faktor utama kucing tidak mau makan adalah faktor makanan. Ada kalanya Anda perlu memberikan variasi jenis makanan yang perlu Anda berikan ke kucing. Kucing yang terus menerus mendapatkan makanan yang sama, bisa jadi akan bosan. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan langganan Anda untuk mendapatkan saran terbaik terkait jenis makanan yang bisa diberikan pada kucing.

3. Sistem Pencernaan yang Bermasalah

Sistem pencernaan yang baik akan membuat kucing merasa nyaman untuk mengkonsumsi jenis makanan yang mereka sukai. Sebaliknya, jika kucing mengalami masalah pencernaan, seperti misalnya terkena parasit, masuknya benda asing kedalam tubuh kucing dan mengalami radang, maka akan menyebabkan kucing tidak mau makan.

Foto Kucing Lucu Menggemaskan

4. Penyakit Mulut

Area gigi dan mulut merupakan bagian pertama yang digunakan untuk mencerna makanan. Kesehatan pada bagian ini terbilang penting untuk menjaga nafsu makan kucing tetap baik. Oleh karena itu, jika kucing Anda tidak mau makan, coba periksalah apakah ada luka di bagian mulutnya.

5. Sakit

Kucing yang sedang sakit akan berpengaruh pada nafsu makannya. Disaat kucing sedang sakit, maka badannya cenderung lemas, sering muntah dan akhirnya tidak mau makan. Anda bisa melihat beberapa artikel kami tentang kucing yang sakit dan beberapa penyakit kucing seperti distemper, cacingan, jamur dan lain sebagainya. Sebaiknya Anda memahami kondisi kucing kesayangan Anda untuk memastikan apakah kucing terebut memang sakit atau sekedar tidak nafsu makan.

Gambar Kucing Sedang Sakit

6. Bosan dan Stress

Dua faktor ini juga mempengaruhi keinginan kucing untuk makan. Bosan yang terjadi pada kucing ras seperti persia dan anggora yang terkadang lebih memilih untuk tidur daripada makan. Sedangkan faktor stress bisa disebabkan oleh lingkungan dan tekanan. Jika Anda membawa kucing Anda ke tempat yang baru, ada kemungkinan kucing tersebut mengalami stress.

7. Birahi

Penyebab kucing tidak mau makan yang terakhir adalah birahi. Kucing yang berada dalam masa ingin kawin biasanya rentan mengalami tekanan dan mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini bisa diperparah jika kucing tidak memiliki pasangan kawin, maka ada kemungkinan kucing akan mengalami stress.

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Memilih solusi yang tepat untuk mengatasi masalah kucing tidak mau makan harus dilihat terlebih dahulu dari penyebabnya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kucing yang tidak mau makan.

1. Pancing Nafsu Makan

Caranya yakni dengan mengoleskan daging atau makanan basah ke area mulut dan hidung kucing. Lezatnya bau makanan bisa menjadi daya tarik dan memancing nafsu makan kucing.

2. Berikan Variasi Makanan

Memberikan variasi makanan pada kucing akan membuat kucing terhindar dari rasa bosan memakan makanan yang sama setiap harinya. Berkonsultasilah kepada dokter hewan langganan Anda untuk mendapatkan saran terbaik terkait variasi makanan yang bisa Anda berikan kepada kucing kesayangan Anda.

3. Berikan Vitamin

Berikan tambahan asupan vitamin seperti Biolysin, Lysmin atau Becombion, B kompleks, dan lysin. Vitamin-vitamin ini tidak hanya bisa membantu mengembalikan nafsu makan, tetapi juga bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh kucing serta mencegah virus flu kucing dan herpes. Selalu baca aturan pakai pemberian vitamin dan dosis yang tepat untuk diberikan pada kucing kesayangan Anda.

4. Tube Feeding

Tube feeding merupakan pemberian makan pada kucing melalui bantuan selang. Cara ini merupakan cara final yang bisa dilakukan jika kucing tidak mau makan.

Amati selalu perkembangan kucing Anda, sehingga apabila ada sesuatu yang janggal Anda bisa segera menanganinya. Konsultasilah kepada dokter hewan jika merasa pengetahuan Anda kurang memadai terkait dengan kondisi kucing.

Saturday, December 9, 2017. Kucing Anda tidak mau makan? Ketahui penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasi kucing tidak mau makan berikut ini agar kucing Anda kembali sehat. Category: Artikel. Tagged with: , .

Terms: cara mengatasi kucing tidak mau makan, kucing tidak mau makan kesukaannya, kucing tidak mau makan dan mulut bau, kucing tidak mau makan dan muntah, kucing tidak mau makan dan tidur terus, kucing tidak mau makan muntah, kucing tidak mau makan dan mencret terus, kenapa kucing tidak mau makan, kucing tidak mau makan dan mengeluarkan liur, penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!