Sunday, 25 June 2017 01:51:17

8 Perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia

8 perbedaan kucing persia dan kucing anggora yang wajib diketahui - Sudah bukan rahasia lagi jika Kucing Anggora dan Kucing Persia merupakan kucing ras yang paling populer diantara jenis kucing ras lainnya. Namun bagi sebagian orang awam, terkadang masih kebingungan untk membedakan 2 jenis kucing ini.

Perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia

Nah pada artikel kali ini, kami akan mengulas secara lengkap tentang perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia, mulai dari history atau sejarahnya, ciri-ciri fisiknya hingga beberapa karakteristik yang berkaitan dengan perilaku atau sifat kedua kucing tersebut.

Sejarah Kucing Anggora dan Kucing Persia

Perbedaan pertama adalah dari histori kedua jenis kucing ini, dengan memahami sejarahnya maka kita akan lebih mudah untuk memahami perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia.

Sejarah Kucing Anggora

Kucing Anggora adalah ras kucing yang berasal dari Turki, tepatnya di Ibu Kota Turki yaitu Ankara sehingga namanya pun kemudian menjadi Angora atau Anggora dalam Bahasa Indonesia.

Selama berabad-abad kucing ini menjadi “souvenir” bagi para pedagang yang berasal dari Ankara untuk diberikan kepada orang-orang di Eropa. Kucing Anggora masuk ke negara Amerika pertama kali pada tahun 1954 dan kemudian menjadi salah satu ras kucing yang selalu dikembang biakkan oleh para breeder di sana.

Sejarah Kucing Persia

Kucing Persia adalah salah satu ras kucing tertua. Kucing ini berasal dari Mesopotamia atau yang lebih dikenal sebagai Persia dan sekarang menjadi Iran. Bulunya yang panjang dan lebat berasal dari mutasi alami dan mulai menarik perhatian di dunia Eropa pada abad 17.

Hingga pada abad 19, dimana perkembangbiakkan kucing ras menjadi begitu populer, kucing yang berasal dari Persia, Turki dan Afganistan leih dikenal sebagai kucing “Asiatic” dan tidak jarang mereka dikembangbiakkan bersama-sama sehingga akhirnya muncullah beberapa jenis kucing ras baru.

Perbedaan Fisik Kucing Anggora dan Kucing Persia

Kedua jenis kucing ini memiliki beberapa perbedaan yang mudah dilihat dari segi fisiknya seperti bentuk kepala, hidung, bulu dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya lanjutkan membaca ulasan kami di bawah ini.

Perbedaan Bentuk Wajah Kucing Anggora dan Persia

Perbedaan Bentuk Wajah Kucing Anggora dan Persia

Kepala dan Wajah

Bentuk kepala dan wajah Anggora dan Persia memiliki perbedaan yang sangat mudah untuk dilihat. Bentuk wajah Kucing Anggora cenderung segitiga sementara Kucing Persia memiliki bentuk wajah dan kepala yang cenderung bulat.

Hidung Kucing Anggora dan Kucing Persia

Dari gambar di atas perbedaan selanjutnya yang mudah untuk diamati adalah bentuk hidung kedua jenis kucing ini. Hidung Kucing Anggora sedikit lebih mancung jika dibandingkan dengan Kucing Persia. Hal ini membuat hidung Kucing Anggora tampak tidak jauh berbeda dengan kucing lokal yang sering kita temui.

Sebaliknya, Kucing Persia memang dikenal sebagai ras kucing dengan hidung yang pesek (hampir rata dengan wajahnya), terlebih lagi jika Kucing Persia tersebut berasal dari jenis Peaknose.

Tubuh dan Ukuran

Perbedaan kedua kucing ras ini selanjutnya adalah dari sisi tubuh dan ukurannya. Tubuh Kucing Anggora termasuk dalam ukuran kecil hingga medium dengan berat sekitar 5 – 9 pon (2,2 – 4 kg). Meskipun kecil, tubuh Kucing Anggora termasuk dalam tubuh kucing yang terkesan atletis diantara kucing-kucing dengan berat dan ukuran sejenis.

Sementara Kucing Persia memiliki tubuh dengan ukuran yang lebih besar, kucing ras yang satu ini memiliki berat sekitar 7 – 12 pon (3,1 – 5,4 kg) dan masuk dalam kategori kucing dengan ukuran medium. Berbeda dengan Anggora, tubuh Kucing Persia memiliki bentuk yang cenderung bulat dan gemuk, hal ini disebabkan oleh bulunya yang memang lebat dan panjang.

Bulu Kucing Anggora dan Kucing Persia

Untuk masalah bulu, Kucing Persia memang memiliki bulu yang lebih panjang dan lebih lebat jika dibandingkan dengan Kucing Anggora. Bulu Kucing Persia tampak terlihat lebat dari ujung kepala hingga ekor dan kaki. Sementara Kucing Anggora memiliki bulu yang lebat pada bagian-bagian tertentu saja seperti kepala dan ekor.

Karakteristik Kucing Anggora dan Kucing Persia

Jika di atas kami banyak mengulas tentang perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia dari segi fisik, kali ini kami akan menjelaskan tentang perbedaan-perbedaan yang berkaitan dengan sifat kedua jenis kucing ini.

Foto Kucing Anggora Sedang Duduk

Foto Kucing Anggora Sedang Duduk

Sifat

Kucing Anggora dikenal juga sebagai kucing yang pintar. Anda mungkin akan heran ketika mendapati barang-barang di rumah Anda menjadi berantakan setelah ditinggal beberapa saat. Hal ini bisa saja disebabkan oleh sifatnya yang memang tidak bisa diam dan sering merasa penasaran dengan hal-hal di sekeliling mereka.

Di sisi lain, Kucing Persia cenderung bersifat pendiam dan manis. Kucing Persia akan lebih sering menghabiskan waktu di tempat-tempat yang memang dia sukai. Kucing Persia juga cenderung menjauhi orang di sekelilingnya jika dia merasa asing dengan orang tersebut, namun jika sudah dikenal oleh si manis yang satu ini, Kucing Persia akan dengan senang hati menjadikannya sebagai temannya.

Foto Kucing Persia Lucu dan Imut

Foto Kucing Persia Lucu dan Imut

Aktivitas

Dengan sifat ingin tahu yang tinggi, tidak mengherankan jika Kucing Anggora sangatlah aktif. Kucing ras yang satu ini sering berpindah tempat dan mungkin sedikit merepotkan bagi Anda yang memiliki banyak ruang terbuka atau ruang dengan perabotan yang tinggi karena memang kucing ini juga suka mencari tempat-tempat yang tinggi disekitarnya.

Sebaliknya, Kucing Persia cenderung menghabiskan waktu di dalam rumah atau di lantai, bahkan dia enggan untuk melompati sebuah pembatas ruangan yang Anda buat walaupun sebenarnya dia bisa. Hal ini membuat dia terlihat begitu manja dan lembut. Kucing Persia sangat cocok sebagai teman bagi Anda yang sering menghabiskan waktu di rumah.

Masa Hidup Kucing Anggora dan Kucing Persia

Masa hidup (life span) kedua jenis kucing ini juga berbeda, menurut beberapa sumber, masa hidup Kucing Anggora cenderung lebih lama (12 – 18 tahun) jika dibadingkan dengan Kucing Persia yang berkisar antara 10 – 15 tahun.

Nah, bagaiamana? Sudah tau perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia kan? Bagaiamana menurut catlovers? Apa ada perbedaan lainnya yang belum disebutkan? Jangan sungkan untuk berkomentar agar tim Kucing Meong bisa membuat artikel ini menjadi lebih komprehensif dan bermanfaat buat para pecinta kucing.

Masih bingung dengan perbedaan kucing anggora dan kucing persia? Yuk simak 8 perbedaan kucing anggora dan kucing persia berikut ini. Category: Artikel. Tagged with: , , , .

Terms: ciri ciri kucing persia jantan birahi, sifat kucing persia peaknose, perbedaan kucing persia asli dan palsu, ciri ciri kucing persia mix kampung, perbedaan kucing persia dan angora, ciri ciri kucing anggora mix kampung, gambar kucing persia, perbedaan harga kucing persia dan anggora, ciri ciri kucing persia sakit, perbedaan kucing anggora dan kucing kampung, 8 perbedaan kucing anggora dan kucing persia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!