Sunday, 25 June 2017 01:50:30

Tanda-Tanda Kucing Hamil & Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui

9 tanda-tanda kucing hamil & cara merawatnya dengan benar - Sebagai hewan mamalia, kucing berkembang biak dan memperbanyak keturunan dengan cara melahirkan. Maka salah satu fase terpenting dalam kehidupan kucing adalah hamil. Bagi para pemilik kucing, kucing yang hamil tentu menjadi hal yang menyenangkan, karena akan ada anggota keluarga baru di rumah yang bisa diajak bermain bersama-sama.

Gambar Kucing Yang Sedang Hamil

Langkah paling mudah untuk menentukan kucing di rumah sedang hamil atau tidak adalah dengan membawanya ke dokter. Namun, sebenarnya kita bisa mengetahui sendiri dengan mengamati tanda-tanda fisik dan perilaku yang sering terjadi pada kucing betina yang sedang hamil. Biasanya, kucing betina yang hamil akan mengalami perubahan perilaku terlebih dahulu, sebelum perubahan fisik yang lebih kentara.

Berikut ini perubahan perilaku dan ciri-ciri fisik yang biasa terjadi pada kucing betina yang hamil.

A. Perubahan Perilaku Kucing yang Sedang Hamil

Muntah & Morning Sickness pada Kucing

Salah satu tanda kucing betina sedang hamil yang pertama adalah sering mengalami muntah. Biasanya hal ini terjadi pada masa-masa awal kehamilan. Selain itu, beberapa kucing bunting juga mengalami mual-mual di pagi hari (morning sickness) dan kurang tertarik pada makanan. Namun, perlu Anda ingat, jika kucing terus-menerus mengalami muntah, sebaiknya bawalah ke dokter untuk dilakukan pengecekan.

Nafsu Makan Kucing Meningkat

Pada minggu ke-3 masa kehamilan, kucing biasanya akan mengalami peningkatan nafsu makan. Hal ini terjadi karena, kucing didorong dengan adanya kebutuhan akan protein dan energi yang lebih banyak dibandingkan saat tidak hamil. Kebutuhan akan gizi yang meningkat, membuat kucing cenderung mengalami peningkatan nafsu makan. Usahakan pada fase ini untuk memberikan asupan nutrisi yang cukup dengan memberikan makanan dan minuman yang berkualitas pada kucing.

Siklus Birahi Kucing yang Berhenti Tiba-Tiba

Pada umumnya, siklus birahi pada kucing adalah 1 hingga 1,2 bulan dan waktu birahi akan berlangsung selama kurang lebih 7 hari. Tetapi jika dalam waktu tersebut, kucing tidak minta kawin, maka siklus birahinya berhenti dan ada kemungkinan kucing sedang hamil dengan usia kehamilan kurang lebih 1 minggu.

Kucing Menjadi Lebih Manja dan Lembut

Tanda-tanda lain pada seekor kucing yang sedang hamil adalah tingkah lakunya yang terlihat lebih lembut dan terkadang menunjukkan sikap manja kepada pemiliknya. Tidak jarang mereka juga menjadi lebih suka mencari perhatian dan beristirahat lebih banyak daripada sebelumnya. Sebagian yang lain menunjukkan lebih suka menyendiri dan terlihat gelisah.

Sensitif Terhadap Kucing Lain

Kucing betina yang sedang hamil biasanya menunjukkan sikap yang lebih sensitif terhadap kehadiran kucing lain. Hal ini seperti ingin melindungi calon bayi kucing yang sedang dikandungnya.

Kucing Ras Persia Manja

Perilaku Kucing Seperti Bersarang

Kelakuan kucing yang seperti bersarang menjadi salah satu tanda kucing betina sedang hamil tua. Biasanya hal ini terjadi pada kucing yang akan melahirkan dalam waktu dekat. Kucing akan mencari tempat khusus yang bisa membuat mereka merasa nyaman dan seolah mempersiapkan tempat menetap untuk dia dan anak-anaknya kelak.

Tempat yang sering dicari biasanya yang sepi, hangat dan tenang, seperti misalnya di lemari atau dibawah furnitur. Mereka akan mengambil barang-barang di rumah seperti kain atau handuk dan selimut sebagai tempat untuk melahirkan anak kucing.

B. Tanda-Tanda Kucing Hamil dari Segi Fisik

Kucing yang sedang hamil akan mengalami perubahan dari segi fisik yang cukup kentara, terlebih jika kita selalu memperhatikan dan bermain dengan kucing setiap hari, maka akan cukup mudah mengetahui perubahan fisik yang terjadi. Berikut ini beberapa perubahan fisik pada kucing yang sedang hamil.

Puting Kucing Menjadi Kemerahan dan Membesar

Pada masa kehamilan usia 15 hingga 18 hari, puting susu kucing betina akan berubah menjadi kemerahan dan membesar atau disebut dengan pingking up. Kemudian payudaranya akan membesar, dan air susu akan keluar dari dalamnya pada masa menjelang akhir kehamilan. Perlu Anda ketahui juga bahwa puting yang membesar tidak selamanya menjadi tanda kucing tersebut hamil, namun juga bisa menjadi pertanda kucing sedang mengalami birahi.

Gambar Kucing yang Sedang Hamil

Perut Kucing Membesar dan Punggung Melengkung

Kucing yang sedang hamil, maka perubahan fisik yang terjadi adalah perutnya akan membesar (pada usia kehamilan 3 sampai 5 minggu) dan terus membesar hingga masa akhir kehamilan. Kemudian ciri fisik lainnya adalah punggung kucing yang sedang bunting biasanya terlihat lebih melengkung dengan bagian perut yang menggembung.

Bulu Kucing Mulai Rontok

Kehamilan pada kucing akan meningkatkan hormon kulit yang menyebabkan kulit kucing menjadi lebih berminyak. Hal ini akan turut serta membuat bulu tubuh kucing mudah rontok (umumnya pada area puting) dan menipis. Kerontokan pada kucing yang sedang hamil biasanya tidak berlangsung lama, yakni sekitar 1 sampai 2 minggu saja.

Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kucing Hamil

Selain mengetahui tanda-tanda fisik dan perubahan perilaku pada kucing hamil. Ada beberapa hal penting lain yang berkaitan dengan kucing hamil, seperti misalnya berapa lama masa kehamilan kucing dan makanan apa yang perlu diberikan pada kucing yang sedang hamil.

Berapa Lama Masa Kehamilan Kucing?

Panjang masa kehamilan untuk kucing lokal atau kucing persia biasanya berkisar diantara 60 hingga 67 hari (9 minggu), namun ada juga sebagian kucing yang mengalami masa kehamilan hingga 70 hari. Laiknya manusia, kucing juga bisa mengalami kelahiran prematur jika kesehatan janin kucing kurang baik.

Beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan panjang kehamilan seekor kucing antara lain kondisi kesehatan dan jenis kucing serta banyaknya janin yang dikandungnya. Seekor kucing betina yang hamil, bisa mengandung 1 janin hingga 13 janin. Namun, rata-rata mereka mengandung 4 hingga 6 anak kucing setiap kali hamil.

Kucing Persia Hamil

Sebenarnya, kucing betina berusia 4 bulan sudah bisa mengandung dan melahirkan, namun usia tersebut sangat tidak direkomendasikan. Umumnya, usia yang baik bagi kucing untuk mengandung adalah mulai usia 12 bulan. Bagi Anda pemilik kucing yang tidak berencana untuk mengembang-biakkan, maka sebaiknya dilakukan sterilisasi pada kucing. Musim kawin kucing biasanya dimulai ketika cuaca menghangat, yakni seputaran bulan Februari hingga September pada belahan bumi utara dan selama bulan September hingga April pada belahan bumi selatan.

Hingga saat ini belum ada tes instan yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah kucing sedang hamil atau tidak. Cara terbaik untuk mengetahuinya secara pasti adalah dengan membawa kucing ke dokter hewan.

Makanan untuk Kucing Hamil

Kucing yang sedang hamil tentu membutuhkan nutrisi yang baik bagi perkembangan janin yang dikandungnya. Oleh karena itu, sebaiknya berikan makanan dengan brand yang sudah terbukti kualitasnya (khusus untuk kucing hamil). Makanan yang mengandung banyak kalsium juga penting untuk meningkatkan produksi air susu, sedangkan makanan dengan kandungan magnesium akan membantu menstabilkan metabolisme kucing.

Perawatan Kucing Saat Hamil

Kucing di rumah Anda sedang hamil? Maka usahakan untuk memberikan lebih banyak perhatian dan perawatan ekstra, seperti misalnya memastikan bahwa kucing merasa nyaman dan tidak stress. Kemudian, rajin-rajinlah dalam membersihkan bak pasir agar tetap higienis, apabila bak pasir terlalu tinggi, gantilah dengan yang lebih rendah.

Kucing yang sedang dalam masa kehamilan memang membutuhkan perlakuan khusus. Berikut ini ciri-ciri kucing hamil dari berbagai sumber terpercaya. Category: Perawatan Kucing. Tagged with: , , .

Terms: cara merawat kucing anggora, cara merawat kucing demam, cara merawat kucing persia, berapa lama kucing hamil setelah perkawinan, ciri ciri kucing hamil dan akan melahirkan anak, kucing hamil possum, ciri kucing hamil palsu, berapa lama kucing jantan birahi, ciri ciri kucing hamil dan akan melahirkan bayi, cara merawat kucing persia umur 3 bulan, tanda-tanda kucing hamil & hal penting yang perlu anda ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!