Mengapa Suara Kucing Hilang? Ini Dia Penyebabnya

Mengapa suara kucing menghilang (kecil sekali)? - Kucing, salah satu hewan peliharaan yang lucu, memang terdiri dari berbagai macam jenis yang berbeda-beda, termasuk juga dengan jenis penyakit dan karakteristik kucing yang terkadang tidak sama dengan jenis kucing lainnya.

Salah satu hal yang sering membuat penggemar kucing kebingungan adalah ketika mengetahui bahwa kucing yang awalnya suka mengeong tiba-tiba suaranya hilang atau menjadi lebih kecil, mirip dengan manusia ketika kehabisan suara. Kira-kira apa pennyebab suara kucing menghilang?

Foto Kucing dengan Suara yang Hilang

Mungkin sebagian dari Anda menganggapnya sebuah hal yang remeh dan biasa, sama dengan apa yang terjadi pada manusia. Namun pada kucing, hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar. Hilangnya suara bisa disebabkan beberapa hal dan tidak menutup kemungkinan akibat suatu penyakit yang berpotensi parah.

Beberapa Penyebab Suara Kucing Hilang

Secara medis, pada umumnya penyebab hilangnya suara hewan disebabkan oleh 2 hal, yang pertama adalah gangguan mekanis pada getaran pita suara, sementara penyebab lainnya adalah kurangnya stimulasi saraf ke pita suara (gangguan neurologis).

Suara Kucing Hilang: Gangguan Pita Suara

Khusus unutuk kucing, gangguan pada tidak berfungsinya getaran pita suara merupakan penyebab utama hilangnya suara kucing, sementara gangguan neurologis umumnya terjadi pada hewan berjenis anjing. Secara sederhana, ini merupakan sebuah gangguan yang membuat pita suara tidak bergetar dan berujung pada hilangnya suara kucing.

Contoh paling mudah adalah pada manusia. Ketika kita terkena demam, terjadi gangguan di sekitar tenggorokan dan menyebabkan getaran pita suara tidak bisa terjadi dengan baik. Pembengkakan pada daerah tenggorokan juga bisa menyebabkan terganggunya kinerja pita suara sehingga suara yang dihasilkan pun menghilang.

Meskipun demikian, gangguan saluran pernafasan pada contoh di atas bukan merupakan penyebab utama hilangnya suara pada kucing. Pada kucing yang berusia muda, mungkin gangguan suara ini bisa disebabkan oleh virus neonatal, namun pada kucing yang berusia tua, berikut ini penyebab hilangnya suara kucing:

  • Makanan yang terkadang adalah buntut tikus atau hewan lainnya dapat tersangkut di tenggorokan dan menyebabkan terjadinya amandel pada kucing dan pembengkakan yang besar.
  • Trauma. Cedera parah, baik yang cedera yang terjadi pada bagian dalam tubuh kucing maupun bagian luar, terkadang bisa menyebabkan terganggunya fungsi pita suara pada kucing.
  • Tumor dan kanker. Tumor ganas maupun jinak bisa saja bersarang di daerah pangkal dan ujung tenggorokan sehingga menyebabkan tekanan pada pita suara dan menyebabkan hilangnya suara kucing.

Jika tiba-tiba suara kucing Anda hilang atau berubah, tidak perlu panik. Segera bawa ke dokter hewan terdekat karena penganganan kasus ini relatif mudah dan tidak memakan waktu yang lama.

Thursday, 13 September 2018. Pernahkah Anda mengetahui kucing dengan suara yang sangat kecil dan bahkan nyaris tidak terdengar? Kira-kira apa penyebab suara kucing menghilang? Simak artikel berikut ini. Category: Kesehatan Kucing. Tagged with: , .

Terms: suara kucing, cara mengembalikan suara kucing, obat alami suara kucing hilang, suara kucing meong, Kucing hilang suara, suara kucing tiba2 berubah, cara menyembuhkan suara kucing yang serak, cara mengatasi suara kucing yang tidak mau kluar, suara kucong tidak keluar ketika mengeong, cara mengatasi kucing tidak bersuara, mengapa suara kucing hilang initial, mengapa kucing takut timun, mengapa suara langkah kucing tidak terdengar saat berjalan, mengapa suara kucing hilang ini dia penyebabnya banjir, mengapa suara kucing meong, mengapa suara kucing berkelahi, mengapa suara kucing hilang ini dia winner, mengapa suara kucing hilang? ini dia penyebabnya.

error: Content is protected !!